Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu: Konsep, Konsumen, dan Manajemen Promosi Penjualan
Last Update:

July 2, 2024

Review:
0(0)

About Course

PENDAHULUAN
PERIKLANAN & PROMOSI PENJUALAN

Identitas Mata Kuliah
Mata kuliah Periklanan & Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 4 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini mempelajari pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication – Komunikasi Pemasaran Terpadu) yang lebih difokuskan pada periklanan dan promosi penjualan. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana menciptakan sebuah iklan dan promosi penjualan suatu produk yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dalam mata kuliah ini, materi disajikan dalam bentuk teori beserta prakteknya. Mata kuliah periklanan dan promosi penjualan membahas mengenai pengantar promosi penjualan, Customer Oriented Sales Promotion (COSP), Trade Oriented Sales Promotion (TOSP), Aktivitas Customer Oriented Sales Promotion (COSP) pada Bisnis Ritel, Aktivitas Trade Oriented Sales Promotion (TOSP) pada Bisnis Ritel, Manajemen Periklanan, Etika Periklanan, Iklan Layanan Masyarakat, Kreativitas Iklan, Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode EPIC, dan Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode CRI.

 

Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, promosi semakin berkembang pesat terutama di dunia digital. Teknologi berkembang secara dramatis.

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan. Materi pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 4 SKS yang mana 3 SKS merupakan sks teori dengan durasi 3 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam).

 

Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini.

 

Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya
Adapun kaitan mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini:

a

  • Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP)

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut :

  • Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan

Pokok bahasan pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 12 Pokok Bahasan:

Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning
Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini:

Dosen (Tutor) Pengampu

1. Dosen : Fanni Husnul Hanifa, SE., MM

NIP/NIDN : 08840075/0410108402

NO HP : 08122094152

Email : fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id

Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan

2. Dosen : Widya Sastika, ST., MM

NIP/NIDN : 08850040/ 0422058503

NO HP : 08117302423

Email : wiedyasastika@tass.telkomuniversity.ac.id

Prodi/ Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan

 

Referensi Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan

♠ Buku Utama

Belch & Belch. 2014. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. 10th edition.McGraw-Hill

O’Guinn, Thomas. 2014. Advertising and Integrated Brand Promotion. 10th edition. South-Western College

Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8. Salemba empat, Jakarta.

 

♦ Buku Pendukung

Arens, Arens, Weigold & Schaefer. 2014. M: Advertising. 2nd edition. McGraw-Hill Education.

Drewniany, Jewler. 2013. Creative Strategy in Advertising. 11 edition. Wadswoth Publishing.

Moriarty, Mitchell, & Wells. 2014. Advertising & IMC (Priinciples & Practice). 10th edition. Prentice Hall.

Pricken, Mario. 2008. Creative Advertising. 2nd edition. Thames & Hudson.

Course Content

Pokok Bahasan 1: Konsep, Aplikasi dan Lingkungan Komunikasi Pemasaran Terpadu
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 1 E - Learning Konsep, Aplikasi dan Lingkungan Komunikasi Pemasaran Terpadu CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami unsur-unsur komunikasi pemasaran Mahasiswa dapat memahami konsep ekuitas berbasis konsumen Mahasiswa dapat memahami komunikasi pemasaran terpadu Mahasiswa dapat memahami perubahan dalam praktik komunikasi pemasaran Mahasiswa dapat memahami model proses pengambilan keputusan dalam komunikasi pemasaran Mahasiswa dapat memahami regulasi dalam komunikasi pemasaran Mahasiswa dapat memahami masalah etika dalam komunikasi pemasaran MATERI PEMBELAJARAN Unsur-unsur komunikasi pemasaran Konsep ekuitas berbasis konsumen Komunikasi pemasaran terpadu Perubahan dalam praktik komunikasi pemasaran Model proses pengambilan keputusan dalam komunikasi pemasaran Regulasi dalam komunikasi pemasaran Masalah etika dalam komunikasi pemasaran

Pokok Bahasan 2: Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Prespektif Konsumen
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 2 E - Learning Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Prespektif Konsumen Hasil gambar untuk integrated marketing communication CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami sasaran komunikasi pemasaran demografis Mahasiswa dapat memahami sasaran komunikasi pemasaran psikografis Mahasiswa dapat memahami sasaran komunikasi pemasaran geodemografis Mahasiswa dapat memahami tujuan komunikasi Mahasiswa dapat memahami proses komunikasi Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar perilaku konsumen Mahasiswa dapat memahami persuasi dalam komunikasi pemasaran MATERI PEMBELAJARAN Sasaran komunikasi pemasaran demografis Sasaran komunikasi pemasaran psikografis Sasaran komunikasi pemasaran geodemografis Tujuan komunikasi Proses komunikasi Dasar-dasar perilaku konsumen Persuasi dalam komunikasi pemasaran

Pokok Bahasan 3: Manajemen Promosi Penjualan
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 3 E - Learning Manajemen Promosi Penjualan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami konsep dasar promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami sasaran promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami pertumbuhan promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami kemampuan promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami keterbatasan promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami generalisasi tentang promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami komponen program promosi sukses MATERI PEMBELAJARAN Konsep dasar promosi penjualan Sasaran promosi penjualan Pertumbuhan promosi penjualan Kemampuan promosi penjualan Keterbatasan promosi penjualan Generalisasi tentang promosi penjualan Komponen program promosi yang sukses

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English