Course Details

MOOC MOOC Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Pemasaran yang Efektif: Merancang Strategi Tempat, Komunikasi Terintegrasi, Keunggulan Bersaing, dan Mengeksplorasi Pasar Global dengan Fokus pada Etika dan Tanggung Jawab Sosial
Last Update:

June 20, 2024

Review:
0(0)

About Course

Enrolment options

Pemasaran yang Efektif: Merancang Strategi Tempat, Komunikasi Terintegrasi, Keunggulan Bersaing, dan Mengeksplorasi Pasar Global dengan Fokus pada Etika dan Tanggung Jawab Sosial

DMH1A4-MANAJEMEN PEMASARAN

Marketing

♥ DESKRIPSI MATA KULIAH

 

Mata kuliah Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai pengelolaan aktivitas pemasaran di perusahaan. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.

 

♥ Identitas Mata Kuliah

 

Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran
Kode Mata Kuliah : DMH1A4
SKS : 4 (Empat)
Semester Pengampuan : 1 (Satu)
Program Studi : Manajemen Pemasaran
Fakultas : Ilmu Terapan

 

 Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa pemahaman konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global secara komprehensif. Mata Kuliah ini sudah ada sejak program studi D3 Manajemen Pemasaran  berdiri tahun 2018. Mata julian ini merupakan mata kuliah dåsar dan menjadi mata kuliah prasyarat dari beberapa mata kuliah.

 Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Urgensi mata kuliah Manajemen Pemasaran ini adalah melengkapi wawasan dan pengetahuan Mahasiswa mengenai manajemen pemasaran di perusahaan, strategi pemasaran dan strategi keunggulan bersaing di pasar global. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun namun mahasiswa diberikan tugas observasi lapangan sehingga mereka mengetahui praktek riil di Industri.

 Kaitan dengan Mata Kuliah Lain

Keterkaitan Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Pemasaran  tidak memiliki mata kuliah prasyarat.

♥ Peta Capaian Pembelajaran

 

 

  1. Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
  2. Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
  3. Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
  4. Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  5. Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
  6. Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

 Pokok Bahasan

Mata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:

  1. Konsep Pemasaran
  2. Riset Pemasaran
  3. Marketing Intelligent
  4. Sistem Informasi Pemasaran
  5. Perilaku Konsumen
  6. Pasar Bisnis
  7. Segmenting, Targeting dan Positioning
  8. Produk dan Strategi Merk
  9. Strategi Harga
  10. Penentuan Harga Produk
  11. Strategi Tempat/ Distribusi
  12. Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
  13. Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
  14. Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial

 

 Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning

Mata kuliah Manajemen Pemasaran  tidak memiliki mata kuliah prasyarat.

♥ Peta Capaian Pembelajaran

 

 

  1. Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
  2. Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
  3. Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
  4. Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  5. Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
  6. Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

 Pokok Bahasan

Mata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:

 

  1. Konsep Pemasaran
  2. Riset Pemasaran
  3. Marketing Intelligent
  4. Sistem Informasi Pemasaran
  5. Perilaku Konsumen
  6. Pasar Bisnis
  7. Segmenting, Targeting dan Positioning
  8. Produk dan Strategi Merk
  9. Strategi Harga
  10. Penentuan Harga Produk
  11. Strategi Tempat/ Distribusi
  12. Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
  13. Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
  14. Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial

 

 Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning

Bahan Kajian MP

♥ Best Practice (Tips dan Trik)

Untuk dapat menguasai dan meraih capaian pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, tips dan trik yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut:

 

  1. Pahami Konsep Teori dengan baik
  2. Perhatikan penerapan teori-teori pada perusahaan-perusahaan di Dalam dan Luar Negeri
  3. Ikuti Praktika dengan sungguh-sungguh
  4. Kerjakan Tugas dengan tepat waktu
  5. Perbanyak mereview materi
  6. Maksimalkan partisipasi dalam tugas kelompok

 

 Sertifikasi yang Berkaitan

Sertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah:

  1. Sertifikasi Kompetensi Pemasaran BNSP
  2. Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran)
  3. Sertifikasi Markplus Institute

 

♥ Referensi Mata Kuliah

a.   Buku Utama

  • Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson Education.
  • Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition. Prentice Hall: New Jersey
  • Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga
  • Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga

 

b.   Buku Pendukung

  • Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
  • Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
  • Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta

♥ Dosen Pengampu

 

Nama Lengkap : Bethani Suryawardani, S.E., M.M.
Jenis Kelamin : Perempuan
NIP/NIDN : 08860080/ 0421108603
Jabatan Akademik : Lektor
Fakultas/ Prodi : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran
HP/ Email : 081224403880 / bethani@tass.telkomuniversity.ac.id

 

Nama Lengkap : Fanni Husnul Hanifa, S.E., M.M.
Jenis Kelamin : Perempuan
NIP/NIDN : 08840075/ 0410108402
Jabatan Akademik : Asisten Ahli
Fakultas/ Prodi : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran
HP/ Email : 08122094152 / fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id

Course Content

POKOK BAHASAN 11. STRATEGI TEMPAT DAN DISTRIBUSI
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 11 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Strategi Tempat dan Distribusi Logistic CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Definisi Saluran Pemasaran Mahasiswa dapat memahami Keputusan Saluran Pemasaran dan Anggota Saluran Mahasiswa dapat memahami Marketing Channel Flows Mahasiswa dapat memahami Consumer dan Industrial Marketing Channel Mahasiswa dapat memahami Alternatif Saluran dan Keputusan Ritel MATERI PEMBELAJARAN Definisi Saluran Pemasaran Keputusan Saluran Pemasaran dan Anggota Saluran Marketing Channel Flows Consumer dan Industrial Marketing Channel Alternatif Saluran dan Keputusan Ritel

POKOK BAHASAN 12. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 12 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Marketing Communication CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Definisi Komunikasi Pemasaran Mahasiswa dapat memahami Komunikasi Pemasaran Terpadu Mahasiswa dapat memahami Response Hierarchy Models Mahasiswa dapat memahami Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu Mahasiswa dapat memahami Faktor-faktor Menentukan IMC MATERI PEMBELAJARAN Definisi Komunikasi Pemasaran Komunikasi Pemasaran Terpadu Response Hierarchy Models Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu Faktor-faktor Menentukan IMC

POKOK BAHASAN 13. MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN PENAWARAN PASAR BARU
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 13 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Menciptakan Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru Competitive Advantages CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Analisis Pesaing Mahasiswa dapat memahami Kekuatan Kompetitif Mahasiswa dapat memahami Memperluas Pangsa Pasar Mahasiswa dapat memahami Pilihan Produk baru Mahasiswa dapat memahami Proses Adopsi Konsumen MATERI PEMBELAJARAN Analisis Pesaing Kekuatan Kompetitif Memperluas Pangsa Pasar Pilihan Produk baru Proses Adopsi Konsumen

POKOK BAHASAN 14. PASAR GLOBAL DAN ETIKA TANGGUNG JAWAB SOSIAL
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 14 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Pasar Global dan Etika, CSR logistic CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Definisi Perusahaan Global Mahasiswa dapat memahami Keputusan Utama Pemasaran Internasional Mahasiswa dapat memahami Strategi Produk dan Komunikasi Internasional Mahasiswa dapat memahami Etika Bisnis Mahasiswa dapat memahami Tanggung Jawab Sosial MATERI PEMBELAJARAN Definisi Perusahaan Global Keputusan Utama Pemasaran Internasional Strategi Produk dan Komunikasi Internasional Etika Bisnis Tanggung Jawab Sosial

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English