Selamat Datang di Mata Kuliah Platform Strategy
Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah Platform Strategy di Program Studi S2 Manajemen PJJ masuk pada semester 2 Kurikulum 2020 dan merupakan salah mata kuliah wajib.
Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah Platform Strategy merupakan mata kuliah mahasiswa S2 Manajemen PJJ. Matakuliah ini bagian dari konsentrasi Digital Business Strategy. Kuliah dilakukan secara parallel dan berhubungan dengan mata kuliah Digital Business Mindset dan Scenario Planning. Platform Strategy membahas bagaimana medesain, mengeluarkan (launch) dan mengendalikan (govern) suatu platform digital.
Capaian Pembelajaran
CLO 1 | Mampu mendeskripsikan networked market, open innovation dan digital platform sebagai keunggulan bisnis saat ini dan masa datang. |
CLO 2 | Mampu menjelaskan framework digital platform strategy (design, launch, monetise dan governance) |
CLO 3 | Mampu menganalisis kasus platform strategy dan memberikan solusi dari kasus tersebut |
CLO 4 | Mampu mengaplikasikan platform innovation kit dari suatu bisnis berbasis platform |
Referensi
1. Parker, G., et al (2016) Platform Revolution: How networked markets transforming the economy and how to make them work for you, W.W Norton & Company, New York
2. Walter, M., Lohse., M (2018) Platform Innovation Kit
3. Sangeet Paul Choudary (2015). Platform Scale. “How an emerging business model helps startups build large empires with minimum investment”.4. Reillier, L.C., Reiller, B (2017) Platform Strategy: How to unlock the power of communities and networks to grow your business, Routledge, London
5. Tiwana, A (2014) Platform Ecosystem: Aligning architecture, governance, and strategy, Elsevier, USA