Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Strategi Sukses Pemasaran: Fokus pada Produk, Merk, Harga, dan Penentuan Harga
Last Update:

July 2, 2024

Review:
0(0)

About Course

DMH1A4-MANAJEMEN PEMASARAN

Marketing

♥ DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai pengelolaan aktivitas pemasaran di perusahaan. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.

♥ Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran
Kode Mata Kuliah : DMH1A4
SKS : 4 (Empat)
Semester Pengampuan : 1 (Satu)
Program Studi : Manajemen Pemasaran
Fakultas : Ilmu Terapan

♥ Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa pemahaman konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global secara komprehensif. Mata Kuliah ini sudah ada sejak program studi D3 Manajemen Pemasaran berdiri tahun 2018. Mata julian ini merupakan mata kuliah dåsar dan menjadi mata kuliah prasyarat dari beberapa mata kuliah.

♥ Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Urgensi mata kuliah Manajemen Pemasaran ini adalah melengkapi wawasan dan pengetahuan Mahasiswa mengenai manajemen pemasaran di perusahaan, strategi pemasaran dan strategi keunggulan bersaing di pasar global. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun namun mahasiswa diberikan tugas observasi lapangan sehingga mereka mengetahui praktek riil di Industri.

♥ Kaitan dengan Mata Kuliah Lain

Mata kuliah Manajemen Pemasaran tidak memiliki mata kuliah prasyarat.

♥ Peta Capaian Pembelajaran

Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
♥ Pokok Bahasan

Mata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:

Konsep Pemasaran
Riset Pemasaran
Marketing Intelligent
Sistem Informasi Pemasaran
Perilaku Konsumen
Pasar Bisnis
Segmenting, Targeting dan Positioning
Produk dan Strategi Merk
Strategi Harga
Penentuan Harga Produk
Strategi Tempat/ Distribusi
Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial
♥ Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning

Bahan Kajian MP

♥ Best Practice (Tips dan Trik)

Untuk dapat menguasai dan meraih capaian pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, tips dan trik yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut:

Pahami Konsep Teori dengan baik
Perhatikan penerapan teori-teori pada perusahaan-perusahaan di Dalam dan Luar Negeri
Ikuti Praktika dengan sungguh-sungguh
Kerjakan Tugas dengan tepat waktu
Perbanyak mereview materi
Maksimalkan partisipasi dalam tugas kelompok
♥ Sertifikasi yang Berkaitan

Sertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah:

Sertifikasi Kompetensi Pemasaran BNSP
Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran)
Sertifikasi Markplus Institute
♥ Referensi Mata Kuliah

a. Buku Utama

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson Education.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition. Prentice Hall: New Jersey
Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
b. Buku Pendukung

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta

♥ Dosen Pengampu

Nama Lengkap : Bethani Suryawardani, S.E., M.M.
Jenis Kelamin : Perempuan
NIP/NIDN : 08860080/ 0421108603
Jabatan Akademik : Lektor
Fakultas/ Prodi : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran
HP/ Email : 081224403880 / bethani@tass.telkomuniversity.ac.id

Nama Lengkap : Fanni Husnul Hanifa, S.E., M.M.
Jenis Kelamin : Perempuan
NIP/NIDN : 08840075/ 0410108402
Jabatan Akademik : Asisten Ahli
Fakultas/ Prodi : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran
HP/ Email : 08122094152 / fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id

Course Content

POKOK BAHASAN 8. PRODUK DAN STRATEGI MERK
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 8 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Produk dan Strategi Merk Product CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Definisi Produk dan Customer Value Hierarchy Mahasiswa dapat memahami Hierarki Produk Mahasiswa dapat memahami Bauran Produk Mahasiswa dapat memahami Definisi, Tujuan dan Strategi Merk Mahasiswa dapat memahami Jasa dan Karakteristik Jasa MATERI PEMBELAJARAN Definisi Produk dan Customer Value Hierarchy Hierarki Produk Bauran Produk Definisi, Tujuan dan Strategi Merk Jasa dan Karakteristik Jasa

POKOK BAHASAN 9. STRATEGI HARGA
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 9 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Strategi Harga Pricing CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Price VS Value Mahasiswa dapat memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga Mahasiswa dapat memahami Langkah-langkah Penetapan Harga Mahasiswa dapat memahami Tujuan Penetapan Harga Mahasiswa dapat memahami penentuan demand dan biaya MATERI PEMBELAJARAN Price VS Value Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga Langkah-langkah Penetapan Harga Tujuan Penetapan Harga Penentuan demand dan biaya

POKOK BAHASAN 10. PENENTUAN HARGA PRODUK
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 10 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Penentuan Harga Produk Price CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Metode-metode Penetapan Harga Mahasiswa dapat memahami Harga Berbasis Permintaan Mahasiswa dapat memahami Harga Berbasis Persaingan Mahasiswa dapat memahami Harga Berbasis Biaya Mahasiswa dapat memahami Harga Berbasis Laba Memahami Strategi Penyesuaian Harga MATERI PEMBELAJARAN Metode-metode Penetapan Harga Harga Berbasis Permintaan Harga Berbasis Persaingan Harga Berbasis Biaya Harga Berbasis Laba Strategi Penyesuaian Harga

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English