Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Strategi Periklanan dan Promosi Penjualan: Memahami Trade Oriented, Consumer Oriented Sales Promotion, dan Dasar-Dasar Periklanan
Last Update:

June 21, 2024

Review:
0(0)

About Course

 

PERIKLANAN & PROMOSI PENJUALAN


 

  • Identitas Mata Kuliah

 

 

Mata kuliah Periklanan & Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 4 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini mempelajari pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication – Komunikasi Pemasaran Terpadu) yang lebih difokuskan pada periklanan dan promosi penjualan. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana menciptakan sebuah iklan dan promosi penjualan suatu produk yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dalam mata kuliah ini, materi disajikan dalam bentuk teori beserta prakteknya. Mata kuliah periklanan dan promosi penjualan membahas mengenai pengantar promosi penjualan, Customer Oriented Sales Promotion (COSP), Trade Oriented Sales Promotion (TOSP), Aktivitas Customer Oriented Sales Promotion (COSP) pada Bisnis Ritel, Aktivitas Trade Oriented Sales Promotion (TOSP) pada Bisnis Ritel, Manajemen Periklanan, Etika Periklanan, Iklan Layanan Masyarakat, Kreativitas Iklan, Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode EPIC, dan Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode CRI.

 

 

  • Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, promosi semakin berkembang pesat terutama di dunia digital. Teknologi berkembang secara dramatis.

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan. Materi pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 4 SKS yang mana 3 SKS merupakan sks teori dengan durasi 3 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam).

 

  • Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini.

  • Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya

Adapun kaitan mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini:

a

  • Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP)

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut :

  • Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan

Pokok bahasan pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 12 Pokok Bahasan:


 

 

 

  • Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning

Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini:

 

  • Dosen (Tutor) Pengampu

 

            1.    Dosen       : Fanni Husnul Hanifa, SE., MM

                  NIP/NIDN : 08840075/0410108402

                  NO HP       : 08122094152

 

 

                  Email        : fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id

                  Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan

           2.   Dosen       : Widya Sastika, ST., MM

                 NIP/NIDN : 08850040/ 0422058503

                 NO HP       : 08117302423

                 Email        : wiedyasastika@tass.telkomuniversity.ac.id

                 Prodi/ Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan

 

  • Referensi Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan

♠  Buku Utama

    Belch & Belch. 2014. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. 10th edition.McGraw-Hill

O’Guinn, Thomas. 2014. Advertising and Integrated Brand Promotion. 10th edition. South-Western College

Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8. Salemba empat, Jakarta.

 Buku Pendukung

 

Arens, Arens, Weigold & Schaefer. 2014. M: Advertising. 2nd edition. McGraw-Hill Education.

    Drewniany, Jewler. 2013. Creative Strategy in Advertising. 11 edition. Wadswoth Publishing.

    Moriarty, Mitchell, & Wells. 2014. Advertising & IMC (Priinciples & Practice). 10th edition. Prentice Hall.

    Pricken, Mario. 2008. Creative Advertising. 2nd edition. Thames & Hudson.

 

Course Content

Pokok Bahasan 4: Konsep Trade Oriented Sales Promotion
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami konsep trade oriented sales promotion Mahasiswa dapat memahami tujuan produsen menggunakan promosi penjualan Mahasiswa dapat memahami program promosi perdagangan Mahasiswa dapat memahami trade allowances Mahasiswa dapat memahami periklanan kooperatif dan program dukungan penjual Mahasiswa dapat memahami kontes dan insentif perdagangan Mahasiswa dapat memahami periklanan khusus dan pameran perdagangan MATERI PEMBELAJARAN Konsep trade oriented sales promotion Tujuan produsen menggunakan promosi penjualan Program promosi perdagangan Trade allowances Periklanan kooperatif dan program dukungan penjual Kontes dan insentif perdagangan Periklanan khusus dan pameran perdagangan

Pokok Bahasan 5: Konsep Consumer Oriented Sales Promotion
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami konsep consumer oriented sales promotion Mahasiswa dapat memahami sampling Mahasiswa dapat memahami kupon Mahasiswa dapat memahami premium Mahasiswa dapat memahami price offs, paket bonus, rabat/ refunds Mahasiswa dapat memahami kontes&undian, promosi kontinuitas, promosi melalui internet Mahasiswa dapat memahami overlay&tie in, promosi pengecer MATERI PEMBELAJARAN Konsep consumer oriented sales promotion Sampling Kupon Premium Price offs, paket bonus, rabat/ refunds Kontes dan undian, promosi kontinuitas, promosi melalui internet Overlay & tie in, Promosi pengecer

Pokok Bahasan 6: Dasar-Dasar Periklanan
CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami sejarah dan definisi iklan Mahasiswa dapat memahami batasan iklan Mahasiswa dapat memahami sifat-sifat periklanan Mahasiswa dapat memahami tipe iklan Mahasiswa dapat memahami kekuatan iklan Mahasiswa dapat memahami keterbatasan iklan Mahasiswa dapat memahami kesuksesan dan kesalahan iklan MATERI PEMBELAJARAN Sejarah dan definisi iklan Batasan iklan Sifat-sifat periklanan Tipe iklan Kekuatan iklan Keterbatasan iklan Kesuksesan dan kesalahan iklan

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English