Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Strategi Pemasaran yang Menginspirasi: Pengantar Manajemen Pemasaran, Pengembangan Rencana dan Strategi, serta Pembentukan Hubungan Loyalitas Jangka Panjang
Last Update:

June 26, 2024

Review:
0(0)

About Course

POKOK BAHASAN

MANAJEMEN PEMASARAN

1. Identitas Mata Kuliah

Mata kuliah (MK) Manajemen Pemasaran (EBJ2C4) pada Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatikas dilaksanakan pada semester 4 sebagai mata kuliah wajib dari kelompok keahlian IBM (ICT-Based Management). Tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat membuat marketing plan sebuah perusahaan yang sudah ada serta mampu menjelaskan mengenai perkembangan persaingan saat ini, peranan manajemen pemasaran, proses manajemen pemasaran, ruang lingkup manajemen pemasaran, perencanaan strategis yang berorientasi pasar dan peranan sistem informasi pasar dalam era teknologi industri 4.0.

2. Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Penentuan mata kuliah dapat dilakukan dengan mengelompokkan bahan kajian yang setara, kemudian memberikan nama pada kelompok bahan kajian tersebut. Aturan dalam pengelompokan adalah; setiap satu Bahan Kajian (BK) hanya dapat masuk dalam satu mata kuliah (MK), satu mata kuliah (MK) dapat berisi satu bahan atau lebih bahan kajian (BK).  Penentuan MK terbagi menjadi tiga profil, yaitu: Penentuan MK Profil Manajer, Penentuan MK Profil Analis Di Lembaga Konsultan & Penelitian, dan Penentuan MK Profil Wirausahawan Muda Mandiri. Mata kuliah (MK) Manajemen Pemasaran termasuk kedalam salah satu MK wajib dalam bidang manajemen pemasaran. MK manajemen pemasaran dikelompokkan dalam MK Profil Manajer. Profil lulusan manajer dalam bidang manajemen pemasaran adalah mampu memahami teori, konsep, metode, dan perangkat analisis yang terkait manajerial di bidang pemasaran.

Pada saat konsinyiring untuk melalukan perubahan kurikulum transisi ke kurikulum 2016, telah diputuskan bahwa Prodi MBTI memiliki tiga konsentrasi, yaitu: Pertama, konsentrasi Telkcomatic yang merupakan hasil peleburan konsentrasi Telekomunikasi dan Konsentrasi Informatika. Kedua, konsentrasi MedCon yang merupakan hasil peleburan konsentrasi Media dan konsentrasi Konten. Ketiga, Konsentrasi ICT International yang merupakan konsentrasi untuk program MBTI international. Pada dasarnya konsentrasi ICT International mengacu kepada konsentrasi Telcomatic, namun terdapat beberapa penyesuaian antara lain; menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris serta beban sks per semesternya lebih padat karena jumlah semesternya ada tujuh.

3. Urgensi Mata Kuliah

Manajemen pemasaran merupakan suatu konsep perencanaan pemasaran yang melibatkan seluruh bentuk-bentuk bauran pemasaran agar dapat mempengaruhi target pasar. Tujuan manajemen pemasaran adalah untuk mempengaruhi perilaku khalayak sasarannya. Karena itu, manajemen pemasaran tidak hanya digunakan untuk mempengaruhi kesadaran khalayak atas sebuah merek tapi juga mampu menggerakkan orang untuk bertindak. Dalam manajemen pemasaran, penggunaan strategi komunikasi pemasarannya didasarkan pada kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan. Oleh karena itu, perlu adanya riset untuk mengetahui keinginan pasar sehingga mampu menyusun metode pemasaran yang tepat dan efektif. Menggunakan satu atau segala cara untuk melakukan “kontak” KPT menggunakan seluruh bentuk komunikasi yang dapat menghubungkan merek atau perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Seluruh bentuk Komunikasi (misalnya iklan, PR, jaringan distribusi, sales promotion, atau direct marketing) merupakan alat penyampaian pesan yang potensial supaya terjadi kontak atau hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Supaya perencanaan pemasaran dapat berjalan dengan baik diperlukan kesinambungan atau koordinasi antara semua elemen komunikasi (iklan, tempat pembelian, promosi penjualan, event, dan lain-lain). Hal ini bertujuan untuk mengahasilkan citra merek yang kuat sehingga mampu menggerakkan konsumen. Komunikasi pemasaran yang sukses membutuhkan terjadinya hubungan antara merek dengan pelanggannya. Dengan adanya hubungan tersebut diharapkan mampu menjadi pengait antara merek dengan konsumen untuk membangkitkan loyalitas konsumen terhadap merek.

4. Kaitan dengan Mata Kuliah Lainnya

Matakuliah Manajemen Pemasaran merupakan matakuliah wajib dan menjadi prasyarat untuk matakuliah pilihan pada semester selanjutnya dalam Kelompok Keahlian IBM.

 

5. Peta Capaian Pembelajaran (CP)

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup manajemen pemasaran.
  2. Mahasiswa mampu merumuskan manajemen pemasaran.
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bauran manajemen pemsaran.
  4. Mahasiswa mampu memilih media komunikasi pemasaran.
  5. Mahasiswa mampu membuat proposal marketing plan manajemen pemasaran untuk suatu perusahaan, diutamakan perusahaan berbasis jasa.

6. Pokok Bahasan

 

Pokok Bahasan 1 :

Defining Marketing Management.

Pokok Bahasan 2 : Developing Marketing Strategies and Plans; Collecting Information and Forecasting Demand.
Pokok Bahasan 3 : Creating Long-Term Loyalty Relationships; Identifying Market Segments and Targets.
Pokok Bahasan 4 : Analyzing Consumer Markets.
Pokok Bahasan 5 : Analyzing Business markets.
Pokok Bahasan 6 : Crafting the Brand Positioning; Creating Brand Equity.
Pokok Bahasan 7 : Addressing Competition and Driving Growth.
Pokok Bahasan 8 : Evaluasi Akademik CLO 1
Pokok Bahasan 9 : Setting Product Strategy; Developing Pricing Strategies and Programs.
Pokok Bahasan 10 : Designing & Managing Integrated Marketing Channels; Managing Retailing, Wholesaling, and Logistics.
Pokok Bahasan 11 : An Introduction to Integrated Marketing Communications.
Pokok Bahasan 12 : Managing Mass Communications.
Pokok Bahasan 13 : Managing Personal Communications.
Pokok Bahasan 14 : Marketing Plan Presentation – Session 1
Pokok Bahasan 15 : Marketing Plan Presentation – Session 2
Pokok Bahasan 16 : Evaluasi Akademik CLO 2

7. Referensi Matakuliah

  1. Kottler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education, Inc.
  2. Kottler, P., & Armstrong, N. (2016). Principles of Marketing. 16th Edition. Pearson Education, Inc.
  3. kottler, P., Keller, K.L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. 16th Edition. Global Edition, Pearson, Inc.
  4. Solomon, M.R., Marshall, G., & Stuart, E.W. (2018). Marketing: Real People, Real Choices. 9th Edition. Pearson Education, Inc.
  5. Rachmawati, I., Sary, F.P., & Perdani, D.R. (2016). Influence of the use of brands in a foreign language (english) on the purchase decision process of cosmetic product made in Indonesia. Pertanika Journal of Social Science and Humaniora, 24(S), 51-62.
  6. Rachmawati, I. (2020). Service quality role on customer’s loyalty of Indonesia internet service provider during Covid-19. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 13(2), 167-180.

Course Content

Topic 2
Pokok Bahasan: Developing Marketing Strategies and Plans (Ch. 2); Collecting Information and Forecasting Demand (Ch. 3)

Topic 3
Pokok Bahasan: Creating Long-Term Loyalty Relationships (Ch. 5); Identifying Market Segments and Targets (Ch. 9)

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English