DIH1C3 – Perancangan Antarmuka Aplikasi
Perancangan Antarmuka Aplikasi (PAA) adalah matakuliah wajib yang diselenggarakan pada semeseter tiga untuk Mahasiswa tingkat 2 Program Studi D3 Teknik Informatika dengan beban kredit 3 Sks. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib pada kurikulum 2016
Mata Kuliah ini memiliki beban 3 Sks dengan ketentuan 2 Sks Teori dan 1 Sks Praktek, sehinga dalam implementasinya MK ini hanya memiliki 4 jam pertemuan dengan komposisi 2 Jam teori dan 2 Jam Praktek di Kelas.
Mata Kuliah ini merupakan MK wajib, pada kurikulum sebelumnya mata kuliah ini bernama Interaksi Manusia dan Komputer, karena Prodi Diploma lebih fokus pada implementasi Aplikasi maka pendekatan perancangan antarmuka lebih ditekankan sehingga nama mata kuliah berubah menjadi Perancangan Antarmuka Aplikasi.
Mata Kuliah ini fokus pada pembahasan bagaimana merancang antarmuka aplikasi secara bertahap dilihat dari berbagai aspek perancangan. Mulai dari metode, proses desain dan prinsip perancangan antarmuka aplikasi serta perannya dalam mewujudkan aplikasi perangkat lunak yang tepat dan bermanfaat bagi usernya. Dalam perkuliahan ini juga dijelaskan tentang berbagai trend desain antarmuka yang terkini di berbagai macam perangkat.
Materi perkuliahan PAA yang mendefinisikan proses per tahap dalam merancang antarmuka, disetiap tahapan menghasilkan output desain yang bisa dievaluasi oleh dosen sehingga diharapkan mampu memberikan arahan dan gambaran yang cukup jelas bagi mahasiswa dalam merancang antarmuka sebuah aplikasi. Materi diawali oleh Step 1 : Memahami User hingga Step 14 : Pengujian desain antarmuka.
Mata kulian Perancangan Antarmuka Aplikasi merupakan mata kuliah inti tingkat awal dalam pengembangan perangkat lunak. Setelah mahasiswa dibekali dengan pemahaman tentang algoritma, desain web, maka MK ini merupakan matakuliah yang fokus pada desain antarmuka aplikasi
Berikut Organigram Kurikulum yang memperlihatkan keterkaitan MK Manajemen Proyek Teknologi Informasi dengan MK Lainnya
Prasyarat mata kuliah Perancangan antarmuka aplikas sesuai dengan organigram Kurikulum 2016 adalah Implementasi Algoritma , sedangkan mata kuliah yang membutuhkan prasyarat MK Perancangan antarmuka aplikasi adalah Rekayasa Perangkat Lunak dan Manajemen Proyek Teknologi Informasi.
Secara garis besar MK Perancangan antarmuka aplikasi digambarkan dalam tahapan desain antarmuka aplikasi yang diuraikan menjadi pokok bahasan sebanyak 14 minggu pertemuan, diantaranya:
Skenario pembelajaran berbasis e learning ini akan menggunakan pendekatan Flip Classroom, dimana mahasiswa telah diberikan konten yang cukup lengkap untuk membaca lecture note (Slide), kemudan dapat secara mandiri mengerjakan tugas dan kuis. Jika ada materi yang tidak dipahami maka akan dilakuakan diskusi sesuai pertanyaan mahasiswa di kelas. Sehingga kelas akan fokus pada diskusi pada pendalaman materi. DIskusi juga bisa dilakukan secara Online dengan menggunakan fasilitas Forum yang topiknya sudah ditentukan.
Untuk menambah wawasan terkait konten, telah diberikan link external yang dapat memberikan preview tentang materi tersebut.
Untuk menguasai MK Perancangan Antarmuka Aplikasi dengan mudah, diantaranya:
Sertifikasi yang berkorelasi dengan mata kuliah Perancangan Antarmuka Aplikasi :