Pengantar Perancangan Antarmuka Aplikasi
Semangat Pagi..
Dear All Selamat bergabung di e learning pembelajaran antarmuka aplikasi
Pada Mata kuliah ini kita akan mempelajari bagaimana tahap demi tahap desain antarmuka aplikasi agar ease to learn and ease to use oleh penggunanya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa memahami kontrak balajar perkuliahan ini;
Mahasiswa memahami silabus materi dari MK Perancangan antarmuka aplikasi
Mahasiswa memahami konsep tetang bagaimana interaksi manusia dengan komputer
Mahasiswa memahami pentingnya desain antarmuka uang baik
Mahasiswa mengetahui sejarah perkembangan antarmuka dan trendnya
MATERI PEMBELAJARAN
Kontrak Belajar
Silabus MK
Definisi Interaksi Manusia dengan Komputer
Pentingnya desain antrmuka yang baik
Sejarah perkembangan antarmuka dan trend pengembangannya dimasa yang akan datang
0/7
Step 1: Memahami Karakteristik Pengguna dan Klien
Semangat Pagi..
Dear All..
Pada Pertemuan pertama akan dibahas mengenai bagaimana memahami karakterisitk pengguna dan klien agar desain antarmuka sesuai dengan kebutuhannya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa dapat memahami dan mengerti bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer
Mahasiswa dapat memahami dan mengerti karakter manusia dalam desain
Mahasiswa mampu mengerti pertimbangan manusia dalam desain aplikasi
MATERI PEMBELAJARAN
Siklus bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer
Apa yang membuat sistem sulit digunakan oleh pengguna
Karakter manusia dalam desain
Pertimbangan manusia dalam desain aplikasi
0/14
Step 2: Memahami Fungsi Bisnis
Semangat Pagi..
Dear All..
Pada Pertemuan ini akan dibahas mengenai proses bisnis. Proses bisnis adalah domain proses dalam dunia nyata yang akan dibuatkan sistem berbasis komputernya atau aplikasinya. Untuk membuat sebuah aplikasi, seorang analis harus memahami bagaimana proses bisnis yang terjadi agar dapat memetakan kebutuhan fungsionalitas aplikasi untuk proses bisnis tersebut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa dapat memahami definisi proses bisnis
Mahasiswa mampu memahami fungsi bisnis dari suatu kasus
Mahasiswa mampu membuat workflow proses bisnis dalam kasus tertentu
MATERI PEMBELAJARAN
Definisi bisnis dan analisis kebutuhan
Menentukan fungsi-fungsi bisnis dasar
Desain standar atau panduan gaya (style guide)
0/17
Step 3: Memahami Prinsip Dasar Desain User Interface
Semangat Pagi..
Dear All..
Pada Pertemuan ini akan dibahas mengenai bagaimana memahami perbedaan karakteristik desain GUI dan Wevb UI, teknik interaksi dan prinsip-prinsip yang harus dipenuhi dalam menddesain antarmuka aplikasi.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Memahami perbedaan mendasar antara GUI dan Web UI
Mengerti dan menerapkan prinsip-prinsip pokok di dalam mendesain aplikasi sesuai dengan kebutuhan
MATERI PEMBELAJARAN
Perbedaan Text vs GUI vs Web UI
Gaya Interaksi
Prinsip-prinsip Dasar Desain UI
0/14