Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Perancangan Antarmuka Aplikasi: Membangun User Interface yang Efektif melalui Memahami Pengguna, Fungsi Bisnis, dan Prinsip Dasar Desain
Last Update:

June 27, 2024

Review:
0(0)

About Course

DIH1C3 – Perancangan Antarmuka Aplikasi

  • Identitas Mata Kuliah

Perancangan Antarmuka Aplikasi (PAA) adalah matakuliah wajib yang diselenggarakan pada semeseter tiga untuk Mahasiswa tingkat 2 Program Studi D3 Teknik Informatika dengan beban kredit 3 Sks. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib pada kurikulum 2016

Mata Kuliah ini memiliki beban 3 Sks dengan ketentuan 2 Sks Teori dan 1 Sks Praktek, sehinga dalam implementasinya MK ini hanya memiliki 4 jam pertemuan dengan komposisi 2 Jam teori dan 2 Jam Praktek di Kelas. 

  • Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata Kuliah ini merupakan MK wajib, pada kurikulum sebelumnya mata kuliah ini bernama Interaksi Manusia dan Komputer, karena Prodi Diploma lebih fokus pada implementasi Aplikasi maka pendekatan perancangan antarmuka lebih ditekankan sehingga nama mata kuliah berubah menjadi Perancangan Antarmuka Aplikasi. 

Mata Kuliah ini fokus pada pembahasan bagaimana merancang antarmuka aplikasi secara bertahap dilihat dari berbagai aspek perancangan. Mulai dari metode, proses desain dan prinsip perancangan antarmuka aplikasi serta perannya dalam mewujudkan aplikasi perangkat lunak yang tepat dan bermanfaat bagi usernya. Dalam perkuliahan ini juga dijelaskan tentang berbagai trend desain antarmuka yang terkini di berbagai macam perangkat.

Materi perkuliahan PAA yang mendefinisikan proses per tahap dalam merancang antarmuka, disetiap tahapan menghasilkan output desain yang bisa dievaluasi oleh  dosen sehingga diharapkan mampu memberikan arahan dan gambaran yang cukup jelas bagi mahasiswa dalam merancang antarmuka  sebuah aplikasi. Materi diawali oleh Step 1 : Memahami User hingga Step 14 : Pengujian desain antarmuka.

  • Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Mata kulian Perancangan Antarmuka Aplikasi merupakan mata kuliah inti tingkat awal dalam pengembangan perangkat lunak. Setelah mahasiswa dibekali dengan pemahaman tentang algoritma, desain web, maka MK ini merupakan matakuliah yang fokus pada desain antarmuka aplikasi

  • Kaitan dengan Mata Kuliah lainnya

Berikut Organigram Kurikulum yang memperlihatkan keterkaitan MK Manajemen Proyek Teknologi Informasi dengan MK Lainnya

Organigram_PAA

Prasyarat mata kuliah Perancangan antarmuka aplikas sesuai dengan organigram Kurikulum 2016 adalah Implementasi Algoritma , sedangkan mata kuliah yang membutuhkan prasyarat MK Perancangan antarmuka aplikasi adalah Rekayasa Perangkat Lunak dan Manajemen Proyek Teknologi Informasi.

  • Peta Capaian Pembelajaran (CP)

CP_PAA1

CP_PAA2

  • Pokok Bahasan

Secara garis besar MK Perancangan antarmuka aplikasi digambarkan dalam tahapan desain antarmuka aplikasi yang diuraikan menjadi pokok bahasan sebanyak 14 minggu pertemuan, diantaranya:

  • Pokok bahasan 1 : Pengantar Perancangan Antarmuka Aplikasi
  • Pokok bahasan 2 : Mengetahui User dan Klien
  • Pokok bahasan 3 : Memahami Proses Bisnis
  • Pokok bahasan 4 : Memahami Prinsip dasar desain UI
  • Pokok bahasan 5 : Membangun Menu dan Skema Navigasi
  • Pokok bahasan 6 : Memilih Tipe Windows yang tepat
  • Pokok bahasan 7 : Memilih Alat interaksi yang tepat
  • Pokok bahasan 8 : Memilih Screen Control yang tepat
  • Pokok bahasan 9 : Membuat Text dan Pesan yang Jelas
  • Pokok bahasan 10 : Menyediakan umpan balik yang efektif
  • Pokok bahasan 11 : Internasionalisasi dan aksesibilitas
  • Pokok bahasan 12 : Membuat Icon yang bermakna dan memilih warna yang tepat
  • Pokok bahasan 13 : Organisasi dan Layout Web dan Page
  • Pokok bahasan 14 : Uji_Uji dan Uji Ulang
  • Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning

Skenario pembelajaran berbasis e learning ini akan menggunakan pendekatan Flip Classroom, dimana mahasiswa telah diberikan konten yang cukup lengkap untuk membaca lecture note (Slide), kemudan dapat secara mandiri mengerjakan tugas dan kuis. Jika ada materi yang tidak dipahami maka akan dilakuakan diskusi sesuai pertanyaan mahasiswa di kelas. Sehingga kelas akan fokus pada diskusi pada pendalaman materi. DIskusi juga bisa dilakukan secara Online dengan menggunakan fasilitas Forum yang topiknya sudah ditentukan.
Untuk menambah wawasan terkait konten, telah diberikan link external yang dapat memberikan preview tentang materi tersebut.

  • Best Practice (Tips dan Trick)

Untuk menguasai MK Perancangan Antarmuka Aplikasi dengan mudah, diantaranya:

  1. Pahami konsep dasar dengan baik dan benar
  2. Ikuti dengan baik setiap latihan dan tugas sesuai panduan
  3. Pelajari dan latihan studi kasus aplikasi real
  • Sertifikasi

Sertifikasi yang berkorelasi dengan mata kuliah Perancangan Antarmuka Aplikasi :

  1. User Interface Design Certification by University of Minnesota (Coursera)
  • Dosen Pengampu MK Manajemen Proyek Teknologi Informasi
  1. Hetti Hidayati (HTT)
  2. Rizza Indah Megasari (RIM)
  • Referensi Mata Kuliah
  1. Galitz, Wilbert O. The Essential Guide to UI Design. Third Edition.
  2. Welie, martijn van. Task-based UI Design. SIKS Disertation .
  3. Ballard, Barbara. Designing the Mobile User Experience. Little Springs Design, Inc., USA.

Announcement

Course Content

Pengantar Perancangan Antarmuka Aplikasi
Semangat Pagi.. Dear All Selamat bergabung di e learning pembelajaran antarmuka aplikasi Pada Mata kuliah ini kita akan mempelajari bagaimana tahap demi tahap desain antarmuka aplikasi agar ease to learn and ease to use oleh penggunanya. CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa memahami kontrak balajar perkuliahan ini; Mahasiswa memahami silabus materi dari MK Perancangan antarmuka aplikasi Mahasiswa memahami konsep tetang bagaimana interaksi manusia dengan komputer Mahasiswa memahami pentingnya desain antarmuka uang baik Mahasiswa mengetahui sejarah perkembangan antarmuka dan trendnya MATERI PEMBELAJARAN Kontrak Belajar Silabus MK Definisi Interaksi Manusia dengan Komputer Pentingnya desain antrmuka yang baik Sejarah perkembangan antarmuka dan trend pengembangannya dimasa yang akan datang

Step 1: Memahami Karakteristik Pengguna dan Klien
Semangat Pagi.. Dear All.. Pada Pertemuan pertama akan dibahas mengenai bagaimana memahami karakterisitk pengguna dan klien agar desain antarmuka sesuai dengan kebutuhannya. CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami dan mengerti bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer Mahasiswa dapat memahami dan mengerti karakter manusia dalam desain Mahasiswa mampu mengerti pertimbangan manusia dalam desain aplikasi MATERI PEMBELAJARAN Siklus bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer Apa yang membuat sistem sulit digunakan oleh pengguna Karakter manusia dalam desain Pertimbangan manusia dalam desain aplikasi

Step 2: Memahami Fungsi Bisnis
Semangat Pagi.. Dear All.. Pada Pertemuan ini akan dibahas mengenai proses bisnis. Proses bisnis adalah domain proses dalam dunia nyata yang akan dibuatkan sistem berbasis komputernya atau aplikasinya. Untuk membuat sebuah aplikasi, seorang analis harus memahami bagaimana proses bisnis yang terjadi agar dapat memetakan kebutuhan fungsionalitas aplikasi untuk proses bisnis tersebut. CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami definisi proses bisnis Mahasiswa mampu memahami fungsi bisnis dari suatu kasus Mahasiswa mampu membuat workflow proses bisnis dalam kasus tertentu MATERI PEMBELAJARAN Definisi bisnis dan analisis kebutuhan Menentukan fungsi-fungsi bisnis dasar Desain standar atau panduan gaya (style guide)

Step 3: Memahami Prinsip Dasar Desain User Interface
Semangat Pagi.. Dear All.. Pada Pertemuan ini akan dibahas mengenai bagaimana memahami perbedaan karakteristik desain GUI dan Wevb UI, teknik interaksi dan prinsip-prinsip yang harus dipenuhi dalam menddesain antarmuka aplikasi. CAPAIAN PEMBELAJARAN Memahami perbedaan mendasar antara GUI dan Web UI Mengerti dan menerapkan prinsip-prinsip pokok di dalam mendesain aplikasi sesuai dengan kebutuhan MATERI PEMBELAJARAN Perbedaan Text vs GUI vs Web UI Gaya Interaksi Prinsip-prinsip Dasar Desain UI

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English