Deskripsi Umum Mata Kuliah
Pemrograman Perangkat Keras (CTI-3B3)
Deskripsi Mata Kuliah
Pada mata kuliah Pemrograman perangkat keras merupakan mata kuliah yang dilakukan pada semester 5. Mata kuliah ini memerlukan mata kuliah syarat yaitu Sistem Digital dan Organisasi dan Arsitektur Komputer. Mata kuliah Pemrograman Perangkat Keras memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai arsitektur perangkat keras, penggunaan perangkat keras, protokol komunikasi, pengindraan, pengontrolan, dan perakitan perangkat keras. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk secara aktif dalam perkuliahan baik di dalam kelas maupun di luar kelas (kelas laboratorium) dengan menggunakan pola kelompok kecil mandiri (2-4 orang). Perkuliahan dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan yang dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, pemberian tugas mandiri, penelusuran makalah, dan tugas besar.
Capaian Pembelajaran yang diharapkan
CLO-1 Mahasiswa mampu menguraikan konsep pemrograman, struktur bahasa pemrograman, dan model pemrograman perangkat keras (C4, P3, A3)
CLO-2 Mahasiswa mampu mengaplikasikan penggunaan platform perancangan perangkat keras dalam membangun purwarupa perancangan perangkat keras (C5, P4, A4)
CLO-3 Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemrograman pengindraan digital dan analog serta pemrograman aktuator digital dan analog (C5, P4, A4)
CLO-4 Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemrograman protokol komunikasi perangkat keras (C5, P4, A4)
Pustaka Perkuliahan
Bayle, Julien.2013. C Programming for Arduino. Packt Publishing : Birmingham, UK.
Purdum, Jack.2015. Beginning C for Arduino: Learn C Programming for the Arduino (1st. ed.). Apress : USA.
Amariei, Cornel. 2015. Arduino Development Cookbook. Packt Publishing : Birmingham, UK.
Fritzing Community. 2013. Open-source software for documenting prototypes, learning interactive electronics and PCB production.
Pokok bahasan
Pengenalan Pemrograman Perangkat Keras
Struktur Bahasa Pemgrograman Perangkat Keras
Pemodelan dan Arsitektur Perangkat Keras
Platform Pemodelan Perancangan Perangkat Keras
Purwa Rupa pada Platform Pemodelan Perancangan Perangkat Keras
Pemrograman Penggunaan I/O pada Perangkat Keras
Pemrograman Pengindraan Digital pada Perangkat Keras
Pemrograman Pengindraan Analog pada Perangkat Keras
Pemrograman Aktuator Analog dan Digital pada Perangkat Keras
Pemrograman Protokol Komunikasi digital pada Perangkat Keras
Pemrograman Protokol Komunikasi nirkabel pada Perangkat Keras
Penggunaan Perangkat Debugging pada Perangkat Keras
Aturan Perkuliahan
Pada setiap sesi perkuliahan, Anda diharapkan berperan Aktif dalam :
menyimak dan atau mempelajari materi yang telah diberikan oleh dosen
mengerjakan setiap quiz ( pra dan pasca) pada setiap pertemuan
mengerjakan setiap tugas kelas dan tugas individu
melakukan diskusi perihal materi
Setiap awal perkuliahan akan diadakan pra kuis untuk mengukur kemampuan dasar Anda dengan waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya, Anda akan diberikan materi perkuliahan sesuai dengan materi pada pertemuan tersebut. Materi yang diberikan berupa salindia, buku digital, kode, atau instruksi. Selanjutnya, Anda diharapkan mengerjakan tugas kelas yang diberikan pengajar pada pertemuan tersebut. Kemudian, sebelum pertemuan diakhiri, Anda diharapkan mengerjakan kuis pasca kelas untuk mengukur kemampuan pasca belajar.
Pengumuman PerkuliahanForum
Rencana Pembelajaran Studi (RPS)URL
Siswa dapat menandai selesai secara manual aktivitas ini: Rencana Pembelajaran Studi (RPS)
Announcements
Video 1 Pengantar ArduinoInteractive Content
Siswa dapat menandai selesai secara manual aktivitas ini: Video 1 Pengantar Arduino
Video 2 Komponen ArduinoInteractive Content
Siswa dapat menandai selesai secara manual aktivitas ini: Video 2 Komponen Arduino
Video 3 Komponen LainnyaInteractive Content
Siswa dapat menandai selesai secara manual aktivitas ini: Video 3 Komponen Lainnya
Video 6 Pemrograman AktuatorInteractive Content
Siswa dapat menandai selesai secara manual aktivitas ini: Video 6 Pemrograman Aktuator
Video 4 Pemrograman Input DigitalInteractive Content
Siswa dapat menandai selesai secara manual aktivitas ini: Video 4 Pemrograman Input Digital
Video 5 Pemrograman Input Analog