DMH1A4-MANAJEMEN PEMASARAN
♥ DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai pengelolaan aktivitas pemasaran di perusahaan. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.
♥ Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah | : Manajemen Pemasaran |
Kode Mata Kuliah | : DMH1A4 |
SKS | : 4 (Empat) |
Semester Pengampuan | : 1 (Satu) |
Program Studi | : Manajemen Pemasaran |
Fakultas | : Ilmu Terapan |
♥ Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa pemahaman konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global secara komprehensif. Mata Kuliah ini sudah ada sejak program studi D3 Manajemen Pemasaran berdiri tahun 2018. Mata julian ini merupakan mata kuliah dåsar dan menjadi mata kuliah prasyarat dari beberapa mata kuliah.
♥ Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Urgensi mata kuliah Manajemen Pemasaran ini adalah melengkapi wawasan dan pengetahuan Mahasiswa mengenai manajemen pemasaran di perusahaan, strategi pemasaran dan strategi keunggulan bersaing di pasar global. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun namun mahasiswa diberikan tugas observasi lapangan sehingga mereka mengetahui praktek riil di Industri.
♥ Kaitan dengan Mata Kuliah Lain
Mata kuliah Manajemen Pemasaran tidak memiliki mata kuliah prasyarat.
♥ Peta Capaian Pembelajaran
- Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
- Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
- Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
- Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
- Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
♥ Pokok Bahasan
Mata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:
- Konsep Pemasaran
- Riset Pemasaran
- Marketing Intelligent
- Sistem Informasi Pemasaran
- Perilaku Konsumen
- Pasar Bisnis
- Segmenting, Targeting dan Positioning
- Produk dan Strategi Merk
- Strategi Harga
- Penentuan Harga Produk
- Strategi Tempat/ Distribusi
- Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
- Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
- Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial
♥ Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning
Mata kuliah Manajemen Pemasaran tidak memiliki mata kuliah prasyarat.
♥ Peta Capaian Pembelajaran
- Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
- Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
- Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
- Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
- Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
♥ Pokok Bahasan
Mata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:
- Konsep Pemasaran
- Riset Pemasaran
- Marketing Intelligent
- Sistem Informasi Pemasaran
- Perilaku Konsumen
- Pasar Bisnis
- Segmenting, Targeting dan Positioning
- Produk dan Strategi Merk
- Strategi Harga
- Penentuan Harga Produk
- Strategi Tempat/ Distribusi
- Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
- Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
- Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial
♥ Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning
♥ Best Practice (Tips dan Trik)
Untuk dapat menguasai dan meraih capaian pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, tips dan trik yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut:
- Pahami Konsep Teori dengan baik
- Perhatikan penerapan teori-teori pada perusahaan-perusahaan di Dalam dan Luar Negeri
- Ikuti Praktika dengan sungguh-sungguh
- Kerjakan Tugas dengan tepat waktu
- Perbanyak mereview materi
- Maksimalkan partisipasi dalam tugas kelompok
♥ Sertifikasi yang Berkaitan
Sertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah:
- Sertifikasi Kompetensi Pemasaran BNSP
- Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran)
- Sertifikasi Markplus Institute
♥ Referensi Mata Kuliah
a. Buku Utama
- Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson Education.
- Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition. Prentice Hall: New Jersey
- Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga
- Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
b. Buku Pendukung
- Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
- Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
- Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta
♥ Dosen Pengampu
Nama Lengkap | : Bethani Suryawardani, S.E., M.M. |
Jenis Kelamin | : Perempuan |
NIP/NIDN | : 08860080/ 0421108603 |
Jabatan Akademik | : Lektor |
Fakultas/ Prodi | : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran |
HP/ Email | : 081224403880 / [email protected] |
Nama Lengkap | : Fanni Husnul Hanifa, S.E., M.M. |
Jenis Kelamin | : Perempuan |
NIP/NIDN | : 08840075/ 0410108402 |
Jabatan Akademik | : Asisten Ahli |
Fakultas/ Prodi | : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran |
HP/ Email | : 08122094152 / [email protected] |