Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Pemahaman Konsumen dan Strategi Pemasaran: Memahami Perilaku Konsumen, Pasar Bisnis, serta Segmentasi, Targeting, dan Positioning
Last Update:

July 2, 2024

Review:
0(0)

About Course

DMH1A4-MANAJEMEN PEMASARAN

Marketing

  •  DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai pengelolaan aktivitas pemasaran di perusahaan. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.

  • Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran
Kode Mata Kuliah : DMH1A4
SKS : 4 (Empat)
Semester Pengampuan : 1 (Satu)
Program Studi : Manajemen Pemasaran
Fakultas : Ilmu Terapan

  • Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa pemahaman konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global secara komprehensif. Mata Kuliah ini sudah ada sejak program studi D3 Manajemen Pemasaran berdiri tahun 2018. Mata julian ini merupakan mata kuliah dåsar dan menjadi mata kuliah prasyarat dari beberapa mata kuliah.

  •  Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Urgensi mata kuliah Manajemen Pemasaran ini adalah melengkapi wawasan dan pengetahuan Mahasiswa mengenai manajemen pemasaran di perusahaan, strategi pemasaran dan strategi keunggulan bersaing di pasar global. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun namun mahasiswa diberikan tugas observasi lapangan sehingga mereka mengetahui praktek riil di Industri.

  •  Kaitan dengan Mata Kuliah Lain

Keterkaitan Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Pemasaran tidak memiliki mata kuliah prasyarat.

  •  Peta Capaian Pembelajaran

Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

  • Pokok Bahasan

Mata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:

Konsep Pemasaran
Riset Pemasaran
Marketing Intelligent
Sistem Informasi Pemasaran
Perilaku Konsumen
Pasar Bisnis
Segmenting, Targeting dan Positioning
Produk dan Strategi Merk
Strategi Harga
Penentuan Harga Produk
Strategi Tempat/ Distribusi
Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial

  •  Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning
  • Best Practice (Tips dan Trik)

    Untuk dapat menguasai dan meraih capaian pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, tips dan trik yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut:

    Pahami Konsep Teori dengan baik
    Perhatikan penerapan teori-teori pada perusahaan-perusahaan di Dalam dan Luar Negeri
    Ikuti Praktika dengan sungguh-sungguh
    Kerjakan Tugas dengan tepat waktu
    Perbanyak mereview materi
    Maksimalkan partisipasi dalam tugas kelompok

  • Sertifikasi yang Berkaitan

    Sertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah:

    Sertifikasi Kompetensi Pemasaran BNSP
    Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran)
    Sertifikasi Markplus Institute

  • Referensi Mata Kuliaha. Buku Utama

    Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson Education.
    Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition. Prentice Hall: New Jersey
    Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga
    Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
    b. Buku Pendukung

    Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
    Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
    Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta

    • Dosen Pengampu

    Nama Lengkap : Bethani Suryawardani, S.E., M.M.
    Jenis Kelamin : Perempuan
    NIP/NIDN : 08860080/ 0421108603
    Jabatan Akademik : Lektor
    Fakultas/ Prodi : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran
    HP/ Email : 081224403880 / bethani@tass.telkomuniversity.ac.id

    Nama Lengkap : Fanni Husnul Hanifa, S.E., M.M.
    Jenis Kelamin : Perempuan
    NIP/NIDN : 08840075/ 0410108402
    Jabatan Akademik : Asisten Ahli
    Fakultas/ Prodi : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran
    HP/ Email : 08122094152 / fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id

 

Course Content

POKOK BAHASAN 5. PERILAKU KONSUMEN
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 5 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Perilaku Konsumen Customer Behavior CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Definisi Perilaku Konsumen Mahasiswa dapat memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Mahasiswa dapat memahami Model Perilaku Konsumen Mahasiswa dapat memahami Proses Psikologis Konsumen Mahasiswa dapat memahami Proses Keputusan Pembelian MATERI PEMBELAJARAN Definisi Perilaku Konsumen Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Model Perilaku Konsumen Proses Psikologis Konsumen Proses Keputusan Pembelian

POKOK BAHASAN 6. PASAR BISNIS
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 6 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Pasar Bisnis Business Market CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Definisi Pasar Bisnis Mahasiswa dapat memahami Pembelian Organisasi Mahasiswa dapat memahami Karakteristik dan Jenis Situasi Pembelian Pasar Bisnis Mahasiswa dapat memahami Proses Pembelian Bisnis Mahasiswa dapat memahami Pusat Pembelian MATERI PEMBELAJARAN Definisi Pasar Bisnis Pembelian Organisasi Karakteristik dan Jenis Situasi Pembelian Pasar Bisnis Proses Pembelian Bisnis Pusat Pembelian

POKOK BAHASAN 7. SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING
Assalamualaikum Wr Wb Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 7 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Segmenting, Targeting dan Positioning STP CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Tahapan Segmenting, Targeting, Positioning Mahasiswa dapat memahami Segmentasi dan Dasar Segmentasi Pasar Mahasiswa dapat memahami Targeting dan Pola Pemilihan Target Pasar Mahasiswa dapat memahami Positioning Mahasiswa dapat memahami Strategi Diferensiasi MATERI PEMBELAJARAN Tahapan Segmenting, Targeting, Positioning Segmentasi dan Dasar Segmentasi Pasar Targeting dan Pola Pemilihan Target Pasar Positioning Strategi Diferensiasi

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English