Mata kuliah Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai pengelolaan aktivitas pemasaran di perusahaan. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.
Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran
Kode Mata Kuliah : DMH1A4
SKS : 4 (Empat)
Semester Pengampuan : 1 (Satu)
Program Studi : Manajemen Pemasaran
Fakultas : Ilmu Terapan
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa pemahaman konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global secara komprehensif. Mata Kuliah ini sudah ada sejak program studi D3 Manajemen Pemasaran berdiri tahun 2018. Mata julian ini merupakan mata kuliah dåsar dan menjadi mata kuliah prasyarat dari beberapa mata kuliah.
Urgensi mata kuliah Manajemen Pemasaran ini adalah melengkapi wawasan dan pengetahuan Mahasiswa mengenai manajemen pemasaran di perusahaan, strategi pemasaran dan strategi keunggulan bersaing di pasar global. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun namun mahasiswa diberikan tugas observasi lapangan sehingga mereka mengetahui praktek riil di Industri.
Keterkaitan Mata Kuliah
Mata kuliah Manajemen Pemasaran tidak memiliki mata kuliah prasyarat.
Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Mata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:
Konsep Pemasaran
Riset Pemasaran
Marketing Intelligent
Sistem Informasi Pemasaran
Perilaku Konsumen
Pasar Bisnis
Segmenting, Targeting dan Positioning
Produk dan Strategi Merk
Strategi Harga
Penentuan Harga Produk
Strategi Tempat/ Distribusi
Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial
Untuk dapat menguasai dan meraih capaian pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, tips dan trik yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut:
Pahami Konsep Teori dengan baik
Perhatikan penerapan teori-teori pada perusahaan-perusahaan di Dalam dan Luar Negeri
Ikuti Praktika dengan sungguh-sungguh
Kerjakan Tugas dengan tepat waktu
Perbanyak mereview materi
Maksimalkan partisipasi dalam tugas kelompok
Sertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah:
Sertifikasi Kompetensi Pemasaran BNSP
Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran)
Sertifikasi Markplus Institute
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson Education.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition. Prentice Hall: New Jersey
Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
b. Buku Pendukung
Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta
Nama Lengkap : Bethani Suryawardani, S.E., M.M.
Jenis Kelamin : Perempuan
NIP/NIDN : 08860080/ 0421108603
Jabatan Akademik : Lektor
Fakultas/ Prodi : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran
HP/ Email : 081224403880 / bethani@tass.telkomuniversity.ac.id
Nama Lengkap : Fanni Husnul Hanifa, S.E., M.M.
Jenis Kelamin : Perempuan
NIP/NIDN : 08840075/ 0410108402
Jabatan Akademik : Asisten Ahli
Fakultas/ Prodi : Ilmu Terapan/ D3 Manajemen Pemasaran
HP/ Email : 08122094152 / fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id