Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Informatika (FIF)
Organisasi dan Arsitektur Komputer: Optimalisasi Kinerja Melalui Memori Sekunder dan Cache Memory
Last Update:

June 26, 2024

Review:
0(0)

About Course

INFORMASI UMUM

Deskripsi Mata Kuliah:

Program yang dibuat akan lebih optimal jika programmer tersebut memahami cara kerja perangkat keras komputer. Organisasi dan Arsitektur Komputer adalah mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa cara kerja perangkat keras komputer yang meliputi cara kerja Input/Output, sistem bus, RAM, harddisk dan jenis-jenis memori eksternal lainnya, serta cara kerja prosesor dalam arsitektur SAP dan MIPS.

Capaian Pembelajaran:

CLO 1 (14%): Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis sistem komputer, input/output, dan sistem interkoneksi dengan tepat

CLO 2 (26%): Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis organisasi memori dengan tepat

CLO 3 (30%): Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis arsitektur SAP dengan tepat

CLO 4 (30%): Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis arsitektur MIPS dengan tepat

Referensi utama:

[STA19]   Stalling, William. 2019. “Computer Organization and Architecture: Designing for Performance”. Prentice Hall.

[MAL11]  Malvino, Albert Paul; Jerald A. Brown. 2011. “Digital Computer Electronics”. McGraw-Hill. New York.

[HEN18]  Hennessy, John L. dan Patterson, David A. 2018. “Computer Organization and Design: The Hardware/Software Interface”. Morgan Kaufmann publisher Inc. San Fransisco. USA.

Referensi pendukung:

[ABD17] Abdurohman, Maman. (2017). Organisasi dan Arsitektur Komputer. 4th ed. 2017.

[HAR07] Harris, David Money & Sarah L. Harris. (2007). Digital Design and Computer Architecture. 1st ed. 2007.

Ketentuan Perkuliahan:

1. Pertemuan tatap muka secara onsite direncanakan sebanyak 12x dan secara online direncanakan sebanyak 4x.

2. Mahasiswa wajib mengikuti semua pertemuan baik secara onsite maupun online.

3. Mahasiswa wajib menggunakan LMS untuk mempelajari materi dan mengerjakan soal-soal yang ada di LMS.

4. Mahasiswa wajib membuka slide dan mempelajari materi secara mandiri.

5. Mahasiswa wajib membuka video dan menjawab setiap ada pop up pertanyaan (bila ada).

6. Mahasiswa wajib mengerjakan soal-soal Kuis/Tugas.

7. Mahasiswa wajib aktif di dalam forum diskusi di LMS.

Ketentuan kehadiran:

Mahasiswa dianggap hadir jika:

1) Mengikuti perkuliahan yang bersifat wajib.

2) Mengerjakan soal kuis atau tugas pada pertemuan tersebut.

3) Berpendapat atau menjawab pertanyaan di forum yang disediakan.

Course Content

PERTEMUAN 6: MEMORI SEKUNDER
Kompetensi Akhir Yang Diharapkan: CLO 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis organisasi memori dengan tepat (C4, A3, P3) Kajian/Pokok Bahasan: Definisi Memory Sekunder Contoh Memory Sekunder RAID Memory Optik Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa: Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 6. Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 6. Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS. Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode Penilaian: - Kognitif: Kuis (bobot = 1%) - Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)

PERTEMUAN 7: CACHE MEMORY – Bagian 1
Kompetensi Akhir Yang Diharapkan: CLO 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis organisasi memori dengan tepat (C4, A3, P3) Kajian/Pokok Bahasan: Definisi cache memory Cara kerja cache memory Organisasi alamat cache memory Mapping alamat cache memory: Direct Mapping Associative Mapping Set Associative Mapping Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa: Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 7. Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 7. Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS. Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode Penilaian: - Kognitif: Kuis (bobot = 2%) - Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)

PERTEMUAN 8: CACHE MEMORY – bagian 2
Kompetensi Akhir Yang Diharapkan: CLO 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis organisasi memori dengan tepat (C4, A3, P3) Kajian/Pokok Bahasan: Element perancangan cache memory Algoritma penggantian cache memory Write policy Ukuran block Jenis-jenis cache memory Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa: Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 8. Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 8. Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS. Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode Penilaian: - Kognitif: Kuis (bobot = 1%) - Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English