TUGAS 1b: Input/Output dan Sistem bus

Course Content
PERTEMUAN 1: SISTEM KOMPUTER
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Kompetensi Akhir Yang Diharapkan: CLO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis sistem komputer, input/output, dan sistem interkoneksi dengan tepat (C4, A3, P3) Kajian/Pokok Bahasan: Sistem Komputer: Fungsi Komputer Struktur Komputer Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa: Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 1. Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 1. Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS. Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode Penilaian: - Kognitif: Kuis (bobot = 1%) - Partisipatif: Tugas (bobot = 2%)
0/11
PERTEMUAN 2: INPUT/OUTPUT
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Kompetensi Akhir Yang Diharapkan: CLO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis sistem komputer, input/output, dan sistem interkoneksi dengan tepat (C4, A3, P3) Kajian/Pokok Bahasan: Input / Output Pengertian Input/Output Jenis Perangkat Input/Output Teknik Input/Output Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa: Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 2. Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 2. Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS. Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode Penilaian: - Kognitif: Kuis (bobot = 2%) - Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)
0/7
PERTEMUAN 3: SISTEM BUS
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Kompetensi Akhir Yang Diharapkan: CLO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis sistem komputer, input/output, dan sistem interkoneksi dengan tepat (C4, A3, P3) Kajian/Pokok Bahasan: Bus Definisi Bus Elemen Desain Bus Contoh Bus Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa: Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 3. Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 3. Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS. Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode Penilaian: - Kognitif: Kuis (bobot = 1%) - Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)
0/6
PERTEMUAN 4: MEMORI UTAMA (RAM) – bagian 1
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Kompetensi Akhir Yang Diharapkan: CLO 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis organisasi memori dengan tepat (C4, A3, P3) Kajian/Pokok Bahasan: Hierarki dan karakteristik Memory Organisasi Memory Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa: Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 4. Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 4. Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS. Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode Penilaian: - Kognitif: Kuis (bobot = 1%) - Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)
0/11
PERTEMUAN 5: MEMORI UTAMA (RAM) – bagian 2
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Kompetensi Akhir Yang Diharapkan: CLO 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis organisasi memori dengan tepat (C4, A3, P3) Kajian/Pokok Bahasan: Cara kerja memori utama Hamming code Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa: Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 5. Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 5. Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS. Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode Penilaian: - Kognitif: Kuis (bobot = 1%) - Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)
0/8
Organisasi dan Arsitektur Komputer: Membangun Dasar Sistem Komputer
About Lesson

Apa yg harus dilakukan?
1) Pastikan setiap mahasiswa sudah mempelajari materi dan mengerjakan soal kuis sebelum pertemuan di kelas.

2) Tentukan mahasiswa yang ditunjuk untuk menyelesaikan setiap topik yang diberikan dosen.

3) Perwakilan dari setiap kelompok dengan topik yang sama berkumpul mengerjakan soal/kasus.

4) Periksa lagi jawaban anda.

5) Tuliskan nama dan NIM mahasiswa yang ikut mengerjakan soal.

6) Kumpulkan kertas jawaban atau klik submit file jawaban dalam format pdf ke LMS oleh salah satu mahasiswa dalam kelompok tersebut sesuai dengan ketentuan yang ada.

Catatan:

1) Tugas ini dikerjakan menggunakan metode Jigsaw (jig)

2) Tugas ini dikerjakan secara berkelompok.

3) Bentuk soal/kasus adalah Essay.

4) Nilai maksimal = 100.

5) Bobot tugas = 4%.

6) Setiap mahasiswa wajib ikut mengerjakan soal/kasus, mahasiswa yang tidak hadir atau tidak ikut mengerjakan soal tidak mendapatkan nilai.

7) Mahasiswa yang tidak aktif akan mendapat pengurangan nilai, demikian pula sebaliknya mahasiswa yang sangat aktif akan mendapatkan nilai bonus (tambahan).

8) Kumpulkan atau submit jawaban sebelum waktu habis.

9) Keterlambatan submit jawaban mengurangi nilai 1 poin per menit.

Selamat mengerjakan, kamu pasti bisa!