About Lesson
PERTEMUAN 1: SISTEM KOMPUTER
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Kompetensi Akhir Yang Diharapkan:
CLO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis sistem komputer, input/output, dan sistem interkoneksi dengan tepat (C4, A3, P3)
Kajian/Pokok Bahasan:
Sistem Komputer:
Fungsi Komputer
Struktur Komputer
Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa:
Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 1.
Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 1.
Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS.
Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen.
Metode Penilaian:
- Kognitif: Kuis (bobot = 1%)
- Partisipatif: Tugas (bobot = 2%)
0/11
PERTEMUAN 2: INPUT/OUTPUT
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Kompetensi Akhir Yang Diharapkan:
CLO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis sistem komputer, input/output, dan sistem interkoneksi dengan tepat (C4, A3, P3)
Kajian/Pokok Bahasan:
Input / Output
Pengertian Input/Output
Jenis Perangkat Input/Output
Teknik Input/Output
Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa:
Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 2.
Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 2.
Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS.
Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen.
Metode Penilaian:
- Kognitif: Kuis (bobot = 2%)
- Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)
0/7
PERTEMUAN 3: SISTEM BUS
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Kompetensi Akhir Yang Diharapkan:
CLO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis sistem komputer, input/output, dan sistem interkoneksi dengan tepat (C4, A3, P3)
Kajian/Pokok Bahasan:
Bus
Definisi Bus
Elemen Desain Bus
Contoh Bus
Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa:
Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 3.
Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 3.
Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS.
Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen.
Metode Penilaian:
- Kognitif: Kuis (bobot = 1%)
- Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)
0/6
PERTEMUAN 4: MEMORI UTAMA (RAM) – bagian 1
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Kompetensi Akhir Yang Diharapkan:
CLO 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis organisasi memori dengan tepat (C4, A3, P3)
Kajian/Pokok Bahasan:
Hierarki dan karakteristik Memory
Organisasi Memory
Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa:
Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 4.
Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 4.
Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS.
Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen.
Metode Penilaian:
- Kognitif: Kuis (bobot = 1%)
- Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)
0/11
PERTEMUAN 5: MEMORI UTAMA (RAM) – bagian 2
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Kompetensi Akhir Yang Diharapkan:
CLO 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan, dan menganalisis organisasi memori dengan tepat (C4, A3, P3)
Kajian/Pokok Bahasan:
Cara kerja memori utama
Hamming code
Kegiatan/Aktifitas Mahasiswa:
Men-download dan mempelajari materi kuliah pada pertemuan 5.
Menonton video yang berkaitan dengan pokok bahasan pertemuan 5.
Aktif dalam forum diskusi yang ada di LMS.
Mengerjakan soal-soal kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen.
Metode Penilaian:
- Kognitif: Kuis (bobot = 1%)
- Partisipatif: Tugas (bobot = 4%)
0/8