MANAJEMEN PEMASARAN
1. Identitas Mata Kuliah
Mata kuliah (MK) Manajemen Pemasaran (EBJ2C4) pada Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatikas dilaksanakan pada semester 4 sebagai mata kuliah wajib dari kelompok keahlian IBM (ICT-Based Management). Tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat membuat marketing plan sebuah perusahaan yang sudah ada serta mampu menjelaskan mengenai perkembangan persaingan saat ini, peranan manajemen pemasaran, proses manajemen pemasaran, ruang lingkup manajemen pemasaran, perencanaan strategis yang berorientasi pasar dan peranan sistem informasi pasar dalam era teknologi industri 4.0.
2. Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Penentuan mata kuliah dapat dilakukan dengan mengelompokkan bahan kajian yang setara, kemudian memberikan nama pada kelompok bahan kajian tersebut. Aturan dalam pengelompokan adalah; setiap satu Bahan Kajian (BK) hanya dapat masuk dalam satu mata kuliah (MK), satu mata kuliah (MK) dapat berisi satu bahan atau lebih bahan kajian (BK). Penentuan MK terbagi menjadi tiga profil, yaitu: Penentuan MK Profil Manajer, Penentuan MK Profil Analis Di Lembaga Konsultan & Penelitian, dan Penentuan MK Profil Wirausahawan Muda Mandiri. Mata kuliah (MK) Manajemen Pemasaran termasuk kedalam salah satu MK wajib dalam bidang manajemen pemasaran. MK manajemen pemasaran dikelompokkan dalam MK Profil Manajer. Profil lulusan manajer dalam bidang manajemen pemasaran adalah mampu memahami teori, konsep, metode, dan perangkat analisis yang terkait manajerial di bidang pemasaran.
Pada saat konsinyiring untuk melalukan perubahan kurikulum transisi ke kurikulum 2016, telah diputuskan bahwa Prodi MBTI memiliki tiga konsentrasi, yaitu: Pertama, konsentrasi Telkcomatic yang merupakan hasil peleburan konsentrasi Telekomunikasi dan Konsentrasi Informatika. Kedua, konsentrasi MedCon yang merupakan hasil peleburan konsentrasi Media dan konsentrasi Konten. Ketiga, Konsentrasi ICT International yang merupakan konsentrasi untuk program MBTI international. Pada dasarnya konsentrasi ICT International mengacu kepada konsentrasi Telcomatic, namun terdapat beberapa penyesuaian antara lain; menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris serta beban sks per semesternya lebih padat karena jumlah semesternya ada tujuh.
3. Urgensi Mata Kuliah
Manajemen pemasaran merupakan suatu konsep perencanaan pemasaran yang melibatkan seluruh bentuk-bentuk bauran pemasaran agar dapat mempengaruhi target pasar. Tujuan manajemen pemasaran adalah untuk mempengaruhi perilaku khalayak sasarannya. Karena itu, manajemen pemasaran tidak hanya digunakan untuk mempengaruhi kesadaran khalayak atas sebuah merek tapi juga mampu menggerakkan orang untuk bertindak. Dalam manajemen pemasaran, penggunaan strategi komunikasi pemasarannya didasarkan pada kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan. Oleh karena itu, perlu adanya riset untuk mengetahui keinginan pasar sehingga mampu menyusun metode pemasaran yang tepat dan efektif. Menggunakan satu atau segala cara untuk melakukan “kontak” KPT menggunakan seluruh bentuk komunikasi yang dapat menghubungkan merek atau perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Seluruh bentuk Komunikasi (misalnya iklan, PR, jaringan distribusi, sales promotion, atau direct marketing) merupakan alat penyampaian pesan yang potensial supaya terjadi kontak atau hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Supaya perencanaan pemasaran dapat berjalan dengan baik diperlukan kesinambungan atau koordinasi antara semua elemen komunikasi (iklan, tempat pembelian, promosi penjualan, event, dan lain-lain). Hal ini bertujuan untuk mengahasilkan citra merek yang kuat sehingga mampu menggerakkan konsumen. Komunikasi pemasaran yang sukses membutuhkan terjadinya hubungan antara merek dengan pelanggannya. Dengan adanya hubungan tersebut diharapkan mampu menjadi pengait antara merek dengan konsumen untuk membangkitkan loyalitas konsumen terhadap merek.
4. Kaitan dengan Mata Kuliah Lainnya
Matakuliah Manajemen Pemasaran merupakan matakuliah wajib dan menjadi prasyarat untuk matakuliah pilihan pada semester selanjutnya dalam Kelompok Keahlian IBM.
5. Peta Capaian Pembelajaran (CP)
6. Pokok Bahasan
|
7. Referensi Matakuliah