About Course
Sumber : onlinelearning.telkomuniversity.ac.id
Deskripsi Umum Mata Kuliah
Pemrograman Perangkat Keras (CTI-3B3)
Deskripsi Mata Kuliah
Pada mata kuliah Pemrograman perangkat keras merupakan mata kuliah yang dilakukan pada semester 5. Mata kuliah ini memerlukan mata kuliah syarat yaitu Sistem Digital dan Organisasi dan Arsitektur Komputer. Mata kuliah Pemrograman Perangkat Keras memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai arsitektur perangkat keras, penggunaan perangkat keras, protokol komunikasi, pengindraan, pengontrolan, dan perakitan perangkat keras. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk secara aktif dalam perkuliahan baik di dalam kelas maupun di luar kelas (kelas laboratorium) dengan menggunakan pola kelompok kecil mandiri (2-4 orang). Perkuliahan dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan yang dilakukan secara variatif, diskusi, presentasi, pemberian tugas mandiri, penelusuran makalah, dan tugas besar.
Capaian Pembelajaran yang diharapkan
CLO-1 | Mahasiswa mampu menguraikan konsep pemrograman, struktur bahasa pemrograman, dan model pemrograman perangkat keras (C4, P3, A3) |
CLO-2 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan penggunaan platform perancangan perangkat keras dalam membangun purwarupa perancangan perangkat keras (C5, P4, A4) |
CLO-3 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemrograman pengindraan digital dan analog serta pemrograman aktuator digital dan analog (C5, P4, A4) |
CLO-4 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemrograman protokol komunikasi perangkat keras (C5, P4, A4) |
Pustaka Perkuliahan
- Bayle, Julien.2013. C Programming for Arduino. Packt Publishing : Birmingham, UK.
- Purdum, Jack.2015. Beginning C for Arduino: Learn C Programming for the Arduino (1st. ed.). Apress : USA.
- Amariei, Cornel. 2015. Arduino Development Cookbook. Packt Publishing : Birmingham, UK.
- Fritzing Community. 2013. Open-source software for documenting prototypes, learning interactive electronics and PCB production.
Pokok bahasan
- Pengenalan Pemrograman Perangkat Keras
- Struktur Bahasa Pemgrograman Perangkat Keras
- Pemodelan dan Arsitektur Perangkat Keras
- Platform Pemodelan Perancangan Perangkat Keras
- Purwa Rupa pada Platform Pemodelan Perancangan Perangkat Keras
- Pemrograman Penggunaan I/O pada Perangkat Keras
- Pemrograman Pengindraan Digital pada Perangkat Keras
- Pemrograman Pengindraan Analog pada Perangkat Keras
- Pemrograman Aktuator Analog dan Digital pada Perangkat Keras
- Pemrograman Protokol Komunikasi digital pada Perangkat Keras
- Pemrograman Protokol Komunikasi nirkabel pada Perangkat Keras
- Penggunaan Perangkat Debugging pada Perangkat Keras
Aturan Perkuliahan
Pada setiap sesi perkuliahan, Anda diharapkan berperan Aktif dalam :
- menyimak dan atau mempelajari materi yang telah diberikan oleh dosen
- mengerjakan setiap quiz ( pra dan pasca) pada setiap pertemuan
- mengerjakan setiap tugas kelas dan tugas individu
- melakukan diskusi perihal materi
Setiap awal perkuliahan akan diadakan pra kuis untuk mengukur kemampuan dasar Anda dengan waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya, Anda akan diberikan materi perkuliahan sesuai dengan materi pada pertemuan tersebut. Materi yang diberikan berupa salindia, buku digital, kode, atau instruksi. Selanjutnya, Anda diharapkan mengerjakan tugas kelas yang diberikan pengajar pada pertemuan tersebut. Kemudian, sebelum pertemuan diakhiri, Anda diharapkan mengerjakan kuis pasca kelas untuk mengukur kemampuan pasca belajar.