Course Details

MOOC MOOC Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Melangkah Maju dalam Dunia Komunikasi Pemasaran Terpadu: Iklan, Promosi, Sponsorship, Public Relations, Direct Marketing, dan Era Media Digital
Last Update:

Juni 27, 2024

Review:
0(0)

About Course

1. Komunikasi Pemasaran Terpadu

  1.     Identitas Mata Kuliah

 

Mata kuliah (MK) Komunikasi Pemasaran Terpadu (BM63Q4) di Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatikas dilaksanakan pada semester 6 sebagai mata kuliah pilihan/peminatan dari kelompok keahlian IBM (ICT-Based Management). Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah wajib Manajemen Pemasaran yang dilaksanakan pada semester 3, mata kuliah wajib Perilaku Konsumen pada semester 4, dan mata kuliah pilihan Pemasaran Bisnis. Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar komunikasi pemasaran terpadu, proses alat, strategi komunikasi pemasaran, serta keterampilan dan aplikasi dalam perencanaan dan pengendalian kegiatan komunikasi pemasaran.

 2.     Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Penentuan mata kuliah dapat dilakukan dengan mengelompokkan bahan kajian yang setara, kemudian memberikan nama pada kelompok bahan kajian tersebut. Aturan dalam pengelompokan adalah; setiap satu Bahan Kajian (BK) hanya dapat masuk dalam satu mata kuliah (MK), satu mata kuliah (MK) dapat berisi satu bahan atau lebih bahan kajian (BK). Penentuan MK terbagi menjadi tiga profil, yaitu: Penentuan MK Profil Manajer, Penentuan MK Profil Analis Di Lembaga Konsultan & Penelitian, dan Penentuan MK Profil Wirausahawan Muda Mandiri.

Mata kuliah (MK) Komunikasi Pemasaran Terpadu termasuk kedalam salah satu MK pilihan dalam bidang manajemen pemasaran. MK manajemen pemasaran dikelompokkan dalam MK Profil Manajer. Profil lulusan manajer dalam bidang manajemen pemasaran adalah mampu memahami teori, konsep, metode, dan perangkat analisis yang terkait manajerial di bidang pemasaran, secara spesifik pada bidang komunikasi pemasaran terpadu.

Pada saat konsinyiring untuk melalukan perubahan kurikulum transisi ke kurikulum 2016, telah diputuskan bahwa Prodi MBTI memiliki tiga konsentrasi, yaitu: Pertama, konsentrasi Telkcomatic yang merupakan hasil peleburan konsentrasi Telekomunikasi dan Konsentrasi Informatika. Kedua, konsentrasi MedCon yang merupakan hasil peleburan konsentrasi Media dan konsentrasi Konten. Ketiga, Konsentrasi ICT International yang merupakan konsentrasi untuk program MBTI international. Pada dasarnya konsentrasi ICT International mengacu kepada konsentrasi Telcomatic, namun terdapat beberapa penyesuaian antara lain; menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris serta beban sks per semesternya lebih padat karena jumlah semesternya ada tujuh.

Beberapa perubahan yang akan terjadi dari kurikulum transisi 2015 ke kurikulum 2016, dikarenakan 2 (dua) faktor;

1. Faktor External

a.     Perkembangan industry ICT yang semakin konvergen.

b.     Perubahan kurikulum di Universitas Telkom dimana ada yang dinamakan mata kuliah universitas, mata kuliah fakultas, dan mata kuliah prodi. Masing- masing mata kuliah ini sudah ada bobotnya sehingga harus diikuti oleh semua prodi yang ada di lingkungan Universitas Telkom.

c.     Penguatan keunikan dan kualitas lulusan, dimana keunikan dari prodi MBTI adalah kekuatan pemberian mata kuliah ICT yang merupakan pembeda dengan prodi serumpun. Sementara itu, kualitas lulusan juga dapat dilihat dari sertifikasi yang diperoleh mahasiswa sebelum mereka lulus. 

2. Faktor Internal

a.     Kohesivitas dan keberlanjutan kurikulum FEB, dimana dengan adanya mata kuliah universitas dan fakultas maka dimungkinkan bahwa mahasiswa dapat mengambil mata kuliah yang sama di prodi yang berbeda. 

b.     Ketidakseimbangan building block kurikulum yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu pada kurikulum transisi 2015.

c.     KK-based kurikulum, dimana KK memiliki kurikulum yang mereka kelola untuk pengembangan keilmuan dan penelitian. 

d.     Mengurangi mata kuliah-mata kuliah yang overlap(memiliki banyak irisan antara satu sama lainnya) sehingga dapat dilebur hanya dalam satu mata kuliah namun tidak mengurangi kualitas dari mata kuliah itu sendiri namun justru lebih kaya. Dengan mata kuliah yang lebih sedikit namun berisi, diharapkan tingkat persentase lulus tepat waktu dapat dinaikkan.

e.     Output dari lulusan prodi MBTI adalah professional, entrepreneur, dan consultant/ analist

3. Urgensi Mata Kuliah

Komunikasi pemasaran terpadu merupakan suatu konsep perencanaan pemasaran yang melibatkan seluruh bentuk-bentuk komunikasi agar dapat mempengaruhi target pasar. Tujuan komunikasi pemasaran terpadu adalah untuk mempengaruhi perilaku khalayak sasarannya. Karena itu, komunikasi pemasaran tidak hanya digunakan untuk mempengaruhi kesadaran khalayak atas sebuah merek tapi juga mampugerakkan orang untuk bertindak.

Dalam komunikasi pemasaran terpadu, penggunaan strategi komunikasi pemasarannya didasarkan pada kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan. Oleh karena itu, perlu adanya riset untuk mengetahui keinginan pasar sehingga mampu menyusun metode pemasaran yang tepat dan efektif. Menggunakan satu atau segala cara untuk melakukan “kontak”
KPT menggunakan seluruh bentuk komunikasi yang dapat menghubungkan merek atau perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Seluruh bentuk Komunikasi (misalnya iklan, PR, jaringan distribusi, sales promotion, atau direct marketing) merupakan alat penyampaian pesan yang potensial supaya terjadi kontak atau hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Supaya perencanaan pemasaran dapat berjalan dengan baik diperlukan kesinambungan atau koordinasi antara semua elemen komunikasi (iklan, tempat pembelian, promosi penjualan, event, dan lain-lain). Hal ini bertujuan untuk mengahasilkan citra merek yang kuat sehingga mampu menggerakkan konsumen. Komunikasi pemasaran yang sukses membutuhkan terjadinya hubungan antara merek dengan pelanggannya. Dengan adanya hubungan tersebut diharapkan mampu menjadi pengait antara merek dengan konsumen untuk membangkitkan loyalitas konsumen terhadap merek.

 4.     Kaitan dengan Mata Kuliah Lainnya

Pada Gambar 4 dapat dilihat diagram relasi antar mata kuliah pada struktur kurikulum 2016. MK mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8. Pada semester satu terdapat enam mata kuliah wajib dengan jumlah bobot 19 sks, semester dua terdapat enam mata kuliah wajib dengan jumlah bobot 20 sks, semester tiga terdapat enam mata kuliah wajib dengan jumlah bobot 20 sks, semester empat terdapat enam mata kuliah wajib dengan jumlah bobot 20 sks, semester lima terdapat lima mata kuliah wajib dan 1 mata kuliah pilihan dengan jumlah bobot 20 sks, semester enam terdapat lima mata kuliah wajib, 1 mata kuliah pilihan, dan magang dengan jumlah bobot 22 sks, semester tujuh terdapat lima mata kuliah wajib dan 1 mata kuliah pilihan dengan jumlah bobot 20 sks, dan semester delapan hanya mata kuliah skripsi dengan bobot 4 sks sehingga total bobot sks sampai lulus menjadi sarjana adalah 145 sks.

 5.     Peta Capaian Pembelajaran (CP)

Course Learning Outcomese (CLO) / Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CLO 1Mampu mendefinisikan materi yang berisi konsep teori dan istilah dalam ilmu komunikasi pemasaran terpadu yang diberikan selama perkuliahan berlangsung.
CLO 2Mampu mengemukakan materi yang diberikan dalam bentuk pembuatan tugas studi kasus dengan mengacu pada konsep teori dalam ilmu komunikasi pemasaran terpadu dan artikel studi kasus.
CLO 3Mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan selama perkuliahan berlangsung dengan mengacu pada konsep teori dalam ilmu komunikasi pemasaran terpadu.
CLO 4Mampu menganalisis Proposal Program Komunikasi Pemasaran Terpadu pada suatu perusahaan existing.

 

 6.     Pokok Bahasan

Pokok Bahasan 1:

Konsep pemasaran, peran komunikasi dalam bertransaksi, definisi IMC, alat-alat IMC, Karakteristik alat IMC, IMC pada pasar konsumen dan pasar bisnis.

Pokok Bahasan 2 (Asinkronus):Model proses komunikasikomponen komunikasiperan media dalam proses komunikasikarakteristik WOMteori komunikasi dasar komunikasi pemasaran.
Pokok Bahasan 3 (Asinkronus):Proses internal psikologi konsumenalternatif pendekatan dalam mempelajari perilaku konsumen.
Pokok Bahasan 4:Dimensi industri IMCstruktur industri IMCperan agensi dalam IMC.
Pokok Bahasan 5 (Asinkronus):Advertising versus manipulasi massamodel keputusan etika dalam pemasaranperaturan komunikasi pemasaranetika dan pemasar.
Pokok Bahasan 6:Definisi Strategi3P strategi komunikasi pemasarankerangka kerja perencanaan IMC.
Pokok Bahasan 7:Konsep positioningmanajemen posisi dan strategi posisireposisi.
Pokok Bahasan 8:Pekan Ujian Tengah Semester
Pokok Bahasan 9 (Asinkronus):Definisi pesan, konten, dan kreatifitassumber pesanUser-Generated-Content (UGC)taktik advertising.
Pokok Bahasan 10:Konsep advertisingkekuatan & kelemahan advertisingstrategi advertisingkonsep, metode, & teknik Sales promotionprogram loyalitas dan retensistrategi sales promotion.
Pokok Bahasan 11:konsep, metode, & teknik Sponsorshipprogram sponsorshipstrategi sponsorshipkerangka kerja public relationcorporate PR dan marketing PR, strategi PR.
Pokok Bahasan 12:Konsep, metode, & teknik Direct Marketingtipe-tipe direct marketingdirect response mediakonsep personal sellingjenis personal sellingbentuk, struktur, dan ukuran sales force, desain personal selling.
Pokok Bahasan 13 (Asinkronus):Konsep tradisional mediaprofil audiensjenis media tradisionalevaluasi media.
Pokok Bahasan 14 (Asinkronus):Konsep Digital mediaperbedaan tradisional dan digital mediaperanan teknologi, website dalam IMC, interactive marketing communication.
Pokok Bahasan 15:Proposal Program Komunikasi Pemsaran Terpadu pada suatu perusahaan yang diutamakan berbasis jasa.
Pokok Bahasan 16:Pekan Ujian Akhir Semester

7.     Referensi Mata Kuliah

a.       Fill,Chris. 2009. Marketing Communication : Interactive, Communities, and Content. Fifth Edition. Prentice Hall. UK.

b.       Belch, George.E & Michael A. Belch. 2003. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communications Perspective. Sixth Edition. Mcgraw Hill. USA.

Course Content

Pertemuan Minggu Ke-11
Pertemuan-11: Direct Marketing dan Personal SellingKompetensi akhir yang diharapkan:Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai konsep, metode dan teknik Direct Marketing dan Personal SellingKajian/ Pokok Bahasan:Konsep, Metode dan Teknik Direct Marketing Tipe-Tipe Direct Marketing Direct Response Media Konsep Personal Selling Jenis Personal Selling Bentuk, Struktur, dan Ukuran Sales Force Desain Personal Selling Kegiatan/ Aktivitas Mahasiswa:Mengunduh materi kuliah Mengunduh/ menonton video tutorial materi pertemuan 11 Berperan aktif dalam diskusi online mengenai materi yang sudah disampaikan untuk mengukur tingkat penyerapan materi mahasiswa Mengerjakan tugas/ kuis setelah perkuliahan di kuliah daring Indikator Penilaian:Ketepatan dalam menjelaskan mengenai konsep, metode dan teknik Direct Marketing dan Personal SellingInformasi:Modul kuliah disajikan dalam bentuk PDF (*.pdf) dan tautan video yang bisa diunduh.Untuk tambahan terdapat tautan eksternal yang dapat dijadikan sumber materi tambahan.

Pertemuan Minggu Ke-12
Pertemuan-12: Traditional MediaKompetensi akhir yang diharapkan:Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai karakteristik utama, profil, jenis dan evaluasi media offlineKajian/ Pokok Bahasan:Konsep Tradisional Media Profil Audiens Jenis Media Tradisional Evaluasi Media Kegiatan/ Aktivitas Mahasiswa:Mengunduh materi kuliah Mengunduh/ menonton video tutorial materi pertemuan 12 Berperan aktif dalam diskusi online mengenai materi yang sudah disampaikan untuk mengukur tingkat penyerapan materi mahasiswa Mengerjakan tugas/ kuis setelah perkuliahan di kuliah daring Indikator Penilaian:Ketepatan dalam menjelaskan mengenai karakteristik utama, profil, jenis dan evaluasi media offlineInformasi:Modul kuliah disajikan dalam bentuk PDF (*.pdf) dan tautan video yang bisa diunduh.Untuk tambahan terdapat tautan eksternal yang dapat dijadikan sumber materi tambahan.

Pertemuan Minggu Ke-13
Pertemuan-13: Digital MediaKompetensi akhir yang diharapkan:Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai konsep media digitalKajian/ Pokok Bahasan:Konsep Digital Media Perbedaan Tradisional dan Digital Media Peranan Teknologi Website dalam IMC Interactive Marketing Communication Kegiatan/ Aktivitas Mahasiswa:Mengunduh materi kuliah Mengunduh/ menonton video tutorial materi pertemuan 13 Berperan aktif dalam diskusi online mengenai materi yang sudah disampaikan untuk mengukur tingkat penyerapan materi mahasiswa Mengerjakan tugas/ kuis setelah perkuliahan di kuliah daring Indikator Penilaian:Ketepatan dalam menjelaskan mengenai konsep media digitalInformasi:Modul kuliah disajikan dalam bentuk PDF (*.pdf) dan tautan video yang bisa diunduh.Untuk tambahan terdapat tautan eksternal yang dapat dijadikan sumber materi tambahan.

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English