Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB)
Kursus Berbicara di Depan Umum Secara Virtual: Sejarah, Etika, Jenis Pidato, dan Persiapan
Last Update:

June 12, 2024

Review:
0(0)

About Course

BERBICARA DI DEPAN UMUM SECARA VIRTUAL

Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman dan pengertian public speaking, jenis-jenis penulisan public speaking serta praktikum berbicara didepan umum baik secara langsung maupun memanfaatkan teknologi virtual sesuai perkembangan era 4.0 untuk membangkitkan rasa percaya diri serta mampu mengaplikasikan seni berbicara di depan umum.

Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata Kuliah konten Kemampuan Bicara Publik sudah dipelajari di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom pada tahun 2008, kemudian pada kurikulum 2016 mata kuliah ini di produksi untuk memperkuat mata kuliah yang sifatnya kearah Public Speaking dengan pertimbangan Kemampuan Bicara Publik sangat dibutuhkan bagi praktisi Komunikasi. Dalam kemampuan bicara public dibutuhkan riset untuk mendapatkan data yang valid, terkait informasi yang akan disampaikan, sehingga mahasiswa dapat belajar melakukan research secara dalam atas tujuan berbicara di muka publik. Dewasa ini, konten mata kuliah ini berkembang dengan menambahkan materi public speaking virtual untuk Prodi Digital Content Broadcasting.

Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Mata kuliah wajib ini diberikan pada mahasiswa semester 2 Prodi Digital Content Broadcasting Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.  Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam melakukan berbicara di muka publik secara virtual, sehingga mahasiswa dapat memahami perbedaan dalam menyampaikan informasi dengan strategi dan teknik beserta tujuan yang jelas.

Kaitan Dengan Mata Kuliah Lain

Peta Capaian Pembelajaran

 

Pokok Bahasan

 

Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning

Best Practice (Tips & Trick)

  1. Memperbanyak latihan dengan melihat referensi pembicara yang telah berpengalaman.
  2. Memperhatikan hal yang menarik audience untuk dapat memperkaya material yang akan disampaikan pada audiens berdasarkan dengan Teknik narasi yang baik.
  3. Berperan aktif dikelas maupun pada saat diskusi online.
  4. Siap dengan data-data yang disampaikan dengan Teknik bercerita.

Reverensi Mata Kuliah

Utama:

  1. Public Speaking: Choice and Responsibility; William Keith, Christian O. Lundberg, 2013
  2. Develop Your Presentation Skills, Theo Theobald, Kogan Page Publishers, 2013
  3. Bettinghaus, Erwin P dan Michael J. Cody (1994) Persuasive Communication. New York: Harcourt Brace College Publishers
  4. Grice, George L. Dan John F. Skinner (1995) Mastering Public Speaking. London: Allyn and Bacon.
  5. Leanne, Shel (2009) Berbicara dan Menang Seperti Obama: Teknik Pidato yang Menyentuh, Membangkitkan dan Menggerakkan Pendengar. Jakarta: PT. Gramedia
  6. Yudhoyono, Susilo B. (2005) Transforming Indonesia: Selected International Speeches. Jakarta: PT. Gramedia.
  7. Agoestyowati, Redjeki (2011) Pintar Menjadi MC dan Berpidato dalam Bahasa Indonesia dan Inggrs: Tanpa Teori. Jakarta: PT Gramedia

 

 

BERBICARA DI DEPAN UMUM SECARA VIRTUAL

Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman dan pengertian public speaking, jenis-jenis penulisan public speaking serta praktikum berbicara didepan umum baik secara langsung maupun memanfaatkan teknologi virtual sesuai perkembangan era 4.0 untuk membangkitkan rasa percaya diri serta mampu mengaplikasikan seni berbicara di depan umum.

Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata Kuliah konten Kemampuan Bicara Publik sudah dipelajari di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom pada tahun 2008, kemudian pada kurikulum 2016 mata kuliah ini di produksi untuk memperkuat mata kuliah yang sifatnya kearah Public Speaking dengan pertimbangan Kemampuan Bicara Publik sangat dibutuhkan bagi praktisi Komunikasi. Dalam kemampuan bicara public dibutuhkan riset untuk mendapatkan data yang valid, terkait informasi yang akan disampaikan, sehingga mahasiswa dapat belajar melakukan research secara dalam atas tujuan berbicara di muka publik. Dewasa ini, konten mata kuliah ini berkembang dengan menambahkan materi public speaking virtual untuk Prodi Digital Content Broadcasting.

Relevansi (Urgensi)

Mata kuliah wajib ini diberikan pada mahasiswa semester 2 Prodi Digital Content Broadcasting Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.  Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam melakukan berbicara di muka publik secara virtual, sehingga mahasiswa dapat memahami perbedaan dalam menyampaikan informasi dengan strategi dan teknik beserta tujuan yang jelas. Kaitan Dengan Mata Kuliah

Course Content

MEETING 1 – History and Ethics of Public Speaking
Capaian Pembelajaran: Mampu menyebutkan sejarah dan proses public speaking, serta memahami kelebihan maupun kekurangan dari seorang public speaker Materi Pembelajaran: 1. Sejarah dan Penelaah-an Teori Retorika (Public Speaking) 2. The Ethics of Public Speaking 3. Kelebihan dan Kekurangan dari speaker: Critical listening and Knowing Your Audience Syarat Kehadiran mahasiswa : 1. Klik link pertemuan tatap muka dan mengikuti perkuliahan dari awal smapai akhir 2. Mengerjakan quiz 3. Klik link eksternal serta Mempelajari dan menenton video sampai selesai 4. Aktif dalam forum diskusi

  • Materi Meeting 1
    00:00
  • Personal Branding-Public Speaking 101
    00:00
  • Personal Branding-Public Speaking 101 (copy)
    00:00
  • Personal Branding-Public Speaking 101 (copy) (copy) (copy)
    00:00

MEETING 2 – Mengenali Tiga Jenis Speech
-Capaian Pembelajaran: Diharapkan Mahasiswa Mampu mengenali tiga jenis speeches: alternative, entertaining, dan persuasive dan membuat outline -Materi Pembelajaran: 1. Proses public speaking: 2. Pembicara, Pesan, Pendengar. 3. Kaidah dari informative speech 4. Kaidah dari persuasive speech 5. Kaidah dari entertaining speech

MEETING 3 – Jenis-jenis Pidato
Capaian Pembelajaran: Mampu mengenali tiga jenis speeches: alternative, entertaining, dan persuasive dan membuat outline Materi Pembelajaran: 1. Proses public speaking: 2. Pembicara, Pesan, Pendengar 3. Kaidah dari informative speech 4. Kaidah dari persuasive speech 5. Kaidah dari entertaining speech

MEETING 4 – PREPARING PUBLIC SPEAKING
Capaian Pembelajaran: Mampu Mengenali Topik, Membuat perencanaan dan persiapan Materi Pembelajaran: 1. Outlining your speech 2. Delivering your speech

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
Free
Free access this course
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English