Course Details

MOOC MOOC Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Kreativitas, Etika, dan Pengukuran: Mendalami Strategi Periklanan yang Efektif dan Bertanggung Jawab
Last Update:

Juni 20, 2024

Review:
0(0)

About Course

sumber : onlinelearning.telkokunivesity.ac.id

 

Enrolment options

Kreativitas, Etika, dan Pengukuran: Mendalami Strategi Periklanan yang Efektif dan Bertanggung Jawab

PERIKLANAN & PROMOSI PENJUALAN
  • Identitas Mata Kuliah

Mata kuliah Periklanan & Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 4 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini mempelajari pentingnya IMC (Integrated Marketing Communication – Komunikasi Pemasaran Terpadu) yang lebih difokuskan pada periklanan dan promosi penjualan. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana menciptakan sebuah iklan dan promosi penjualan suatu produk yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dalam mata kuliah ini, materi disajikan dalam bentuk teori beserta prakteknya. Mata kuliah periklanan dan promosi penjualan membahas mengenai pengantar promosi penjualan, Customer Oriented Sales Promotion (COSP), Trade Oriented Sales Promotion (TOSP), Aktivitas Customer Oriented Sales Promotion (COSP) pada Bisnis Ritel, Aktivitas Trade Oriented Sales Promotion (TOSP) pada Bisnis Ritel, Manajemen Periklanan, Etika Periklanan, Iklan Layanan Masyarakat, Kreativitas Iklan, Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode EPIC, dan Pengukuran Efektivitas Iklan dengan Metode CRI.

 

  • Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, promosi semakin berkembang pesat terutama di dunia digital. Teknologi berkembang secara dramatis.

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan promosi khususnya periklanan dan promosi penjualan. Materi pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 4 SKS yang mana 3 SKS merupakan sks teori dengan durasi 3 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam).

 

  • Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan tidak mempunyai mata kuliah prasyarat. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini.

  • Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya

Adapun kaitan mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini:

a

  • Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP)

Mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut :

  • Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan

Pokok bahasan pada mata kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) terdiri dari 12 Pokok Bahasan:

  • Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning

Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan (DMH2H4) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini:

  • Dosen (Tutor) Pengampu

 

            1.    Dosen       : Fanni Husnul Hanifa, SE., MM

                  NIP/NIDN : 08840075/0410108402

                  NO HP       : 08122094152

 

                  Email        : [email protected]

                  Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan

           2.   Dosen       : Widya Sastika, ST., MM

                 NIP/NIDN : 08850040/ 0422058503

                 NO HP       : 08117302423

                 Email        : [email protected]

                 Prodi/ Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/ Fakultas Ilmu Terapan

 

  • Referensi Mata Kuliah Periklanan dan Promosi Penjualan

♠  Buku Utama

    Belch & Belch. 2014. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. 10th edition.McGraw-Hill

O’Guinn, Thomas. 2014. Advertising and Integrated Brand Promotion. 10th edition. South-Western College

Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8. Salemba empat, Jakarta.

 Buku Pendukung

 

Arens, Arens, Weigold & Schaefer. 2014. M: Advertising. 2nd edition. McGraw-Hill Education.

    Drewniany, Jewler. 2013. Creative Strategy in Advertising. 11 edition. Wadswoth Publishing.

    Moriarty, Mitchell, & Wells. 2014. Advertising & IMC (Priinciples & Practice). 10th edition. Prentice Hall.

    Pricken, Mario. 2008. Creative Advertising. 2nd edition. Thames & Hudson.

 

Course Content

Pokok Bahasan 10: Strategi Kreatif Iklan
Selamat DatangSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 10E - Learning Strategi Kreatif IklanCAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa dapat memahami Proses Kreatif Mahasiswa dapat memahami Daya Tarik Informatif Mahasiswa dapat memahami Daya Tarik Emosional & Gabungan Mahasiswa dapat memahami Eksekusi Kreatif (I) Mahasiswa dapat memahami Eksekusi Kreatif (2) Mahasiswa dapat memahami Taktik Kreatif Iklan Media Cetak Mahasiswa dapat memahami Taktik Kreatif Iklan Media TelevisiMATERI PEMBELAJARANProses Kreatif Daya Tarik Informatif Daya Tarik Emosional & Gabungan Eksekusi Kreatif (1) Eksekusi Kreatif (2) Taktik Kreatif Iklan Media Cetak Taktik Kreatif Iklan Media Televisi

Pokok Bahasan 11: Iklan Layanan Masyarakat dan Etika Periklanan
Selamat DatangSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 11E - Learning Iklan Layanan Masyarakat dan Etika PeriklananHasil gambar untuk iklan layanan masyarakatCAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa dapat memahami konsep iklan layanan masyarakat Mahasiswa dapat memahami karakteristik iklan layanan masyarakat Mahasiswa dapat memahami langkah-langkah dalam menciptakan iklan layanan masyarakat Mahasiswa dapat memahami konsep etika periklanan Mahasiswa dapat memahami tata krama isi iklan Mahasiswa dapat memahami tata krama ragam dan pemeran iklan Mahasiswa dapat memahami tata krama wahana iklanMATERI PEMBELAJARANKonsep Iklan Layanan Masyarakat Karakteristik Iklan Layanan Masyarakat Langkah-langkah dalam Menciptakan Iklan Layanan Masyarakat Konsep Etika Periklanan Tata Krama Isi Iklan Tata Krama Ragam dan Pemeran Iklan Tata Krama Wahana Iklan

Pokok Bahasan 12: Pengukuran Efektivitas Iklan
Selamat DatangSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 12E - Learning Pengukuran Efektivitas IklanCAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa dapat memahami iklan yang efektif Mahasiswa dapat memahami Evaluasi Dampak Iklan Mahasiswa dapat memahami EPIC Model Mahasiswa dapat memahami perhitungan EPIC Model Mahasiswa dapat memahami Direct Rating Method (DRM) Mahasiswa dapat memahami Customer Response Index (CRI) Mahasiswa dapat memahami Customer Decision Model (CDM)MATERI PEMBELAJARANIklan yang efektif Evaluasi dampak iklan EPIC Model Perhitungan EPIC Model Direct Rating Method (DRM) Customer Response Index (CRI) Customer Decision Model (CDM)

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English