Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Efficient Hotel Reservations: Telephone Communication, Room Reservation, and Procedural Excellence
Last Update:

Agustus 15, 2024

Review:
0(0)
Efficient Hotel Reservations: Telephone Communication, Room Reservation, and Procedural Excellence

About Course

 

Sumber : onlinelearning.telkomuniversity.ac.id

 

  • I. Identitas Mata Kuliah

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I (DHH1A3) adalah mata kuliah inti kejuruan  yang diberikan pada semester 1 kurikulum 2016.  Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi D3 Perhotelan Telkom University. Mata Kuliah ini terdiri 14 pokok bahasan dengan bobot  sebesar 3 SKS yang terdiri dari 2 SKS  teori dan 1 SKS praktikum.

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I mengajarkan tentang Pengetahuan Dasar Usaha Akomodasi (knowledge of lodging Industry), dan pengenalan Operasional kerja pada kantor depan hotel. Pada kegiatan praktikum mahasiswa akan belajar tentang Berkomunikasi Melalui Telepon (communicating on the telephone) dan Reservasi Kamar Kantor Depan (Room Reservation). Materi kuliah diberikan dengan tujuan mahasiswa memahami hal-hal yang berkenaan dengan usaha akomodasi khususnya operasional kantor depan hotel, melalui keterampilan berkomunikasi melalui telepon dan menangani proses pemesanan kamar.

Dengan Dosen Pengampu mata kuliah :

  1. Ersy Ervina S.Sos.,MM.Par
  2. Riza Taufiq MM.Par

II. Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I memberikan pengetahuan dasar mengenai industri akomodasi dan operasional kerja kantor depan hotel. Selain itu mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan ketrampilan di bidang kantor depan hotel khususnya dalam berkomunikasi melalui telepon dan melakukan pemesanan kamar hotel baik dari segi pengetahuan dan praktis.

Mata kuliah Operasional kantor depan telah ada sejak awal program studi D3 perhotelan berdiri pada tahun 2014 di Telkom University. Pada awalnya mata kuliah memiliki bobot 2 SKS, kemudian dengan pertimbangan bobot praktikum maka menjadi 4 SKS. Pada penyusunan kurikulum 2016 mata kuliah ini berubah menjadi 3 SKS dengan bobot yang sama dengan mata kuliah inti kejuruan lainnya.

III. Relavansi (Urgensi ) Mata Kuliah

Urgensi mata kuliah Operasional Kantor Depan I merupakan mata kuliah inti kejuruan Program Studi D3 Perhotelan yang merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki setiap mahasiswa. Mata kuliah Operasional Kantor Depan  diberikan secara berjenjang pada semester 1, 2 dan 3.

Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pelayanan kantor depan khususnya pengananan reservasi tamu dan berkomunikasi melalui telepon. Berdasarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi penanganan layanan kantor depan merupakan fundamental untuk dapat bekerja sebagai seorang Resepsionis Hotel.

IV. Kaitan Dengan Mata Kuliah Lainnya

Berikut kaitan mata kuliah Operasional Kantor Depan I dengan mata kuliah lainnya pada kurikulum D3 Perhotelan tahun 2016. Untuk dapat mempelajari mata kuliah Operasional Kantor Depan II, III dan Manajemen Hotel maka dibutuhkan prasyarat telah lulus mata kuliah Operasional Kantor Depan I.

Kaitan Dengan Mata Kuliah lainnya

V. Peta Capaian Pembelajaran (CP)

Peta Capaian Pembelajaran

VI.  Peta Materi (Kajian) Atau Pokok Bahasan

Secara Garis Besar Topik yang dipelajari pada Mata kuliah Operasional Kantor Depan I dapat terbagi sebagai berikut :

Dari 6  topik besar diatas maka dapat diuraikan menjadi pokok bahasan dalam 14 Minggu pertemuan Yaitu :


VII. Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning

CP Elearning

VIII. Best Practice

  • Pelajari sejarah industri Hospitality dan Akomodasi
  • Berlatih percakapan menggunakan Bahasa Inggris
  • Berlatih Menggunakan telepon dengan bahasa baik dan Benar

IX. Sertifikasi

Sertifikasi yang memiliki korelasi dengan mata kuliah Operasional Kantor Depan I yaitu Uji Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bidang Kantor Depan Hotel

X. Referensi Mata Kuliah

  1. Agustinus, Darsono, 2011. Akomodasi Perhotelan Front Office
  2. Crosbie, Wayne & Hickman, Alan. 2012. ACCSTP. William Angliss Institute. Melbourne
  3. Kasavana, Michael.1988. Front Office Management. Educational Institute AHMA.Michigan
  4. Ninemeier, Jack D Et All. 2005. Hospitality Operation.Pearson Education. New Jersey.USA
  5. Vallen, Gary. 2013. Check- in Check out Managing Hotel Operation. Ninth Edison. Pearson Education.USA

Course Content

8. BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON – RECEIVING TELEPHONE CALL
Hai Mahasiswa Millenial,… Selamat bertemu kembali pada Mata kuliah Operasional Kantor Depan I dengan Pokok Bahasan Communicate on The Telephone – Receiving Telephone Call. Pada Pokok Bahasan ini kita akan mempelajari tentang beberapa materi antara lain pentingnya telepon dalam industry hospitality, peranan dan tanggung jawab Telephonist, komponen sistem telepon, Prosedur dalam menerima panggilan masuk, Pentingnya kesan pertama dalam bertelepon, dan Spelling Board. Pada bagian ini diharapkan mahasiswa dapat memahami pengetahuan dalam menunjang praktik dalam berkomunikasi melalui telepon khususnya dalam menerima panggilan masuk. Guna membantu mahasiswa dalam mempelajari materi ini kami juga menyediakna slide presentasi, lecture note dan link eksternal. Mulailah berlatih diri anda sesuai dengan prosedur yang telah disampaikan. Selamat Belajar.CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa Mampu Memahami Pentingnya Telepon Dalam Industri Hotel Mahasiswa Mampu Memahami Peranan dan tanggung Jawab Telephonist Mahasiswa Mampu Memahami Komponen Dari System Telepon Mahasiswa mampu memahami cara menerima panggilan telepon Mahasiswa Mampu Memahami pentingnya Kesan Pertama Dalam Bertelepon Mahasiswa Mampu Memahami Spelling BoardMATERI PEMBELAJARANAdapun Sub Pokok Bahasan Pada Materi Berkomunikasi Melalui Telepon - Menerima Panggilan Telepon adalah sebagai berikut :Important of Telephone In Hotel Industry Role & Responsibilities of Telephonist Component of Telephone System Receiving Telephone Call Important of First Impression on The Telephone Spelling Board

9. BERKOMUNKASI MELALUI TELEPON – OUTGOING CALL
Hallo mahasiswa millennial,… selamat berjumpa kembali pada mata kuliah Operasional Kantor Depan I Dengan Pokok Bahasan Communicate on The Telephone – Making Outgoing Call. Pada Pokok Bahasan ini kita akan membahas beberapa materi tentang berkomunikasi memalui telepon khsususnya dalam penanganan panggilan keluar. Seperti mengidentifikasi macam – macam panggilan keluar, prosedur panggilan dalam perusahaan, prosedur membuat panggilan, panduan berkomunikasi, Teknik menjual dalam berkomunikasi dan bagaimana menangani telepon dalam situasi darurat. Materi yang diberikan merupakan bekal untuk kalian melakukan praktik kerja. Untuk mempermudah dalam belajar berikut disediakan pula materi dalam bentuk pdf dan link materi terkait. Selamat Belajar!CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa mampu mengindentifikasi panggilan telepon keluar Mahasiswa mampu melaksanakan Prosedur perusahan dalam melakukan panggilan telepon keluar Mahasiswa mampu melaksanakan panggillan keluar Mahasiswa mampu memahami panduan dalam berkomunikasi menggunakan telepon Mahasiswa mampu berbicara dengan sopan dan ramah saat bertelepon Mampu memahami prosedur Teknik menjual Mahasiswa mampu melaksanakan prosedur dalam situasi darurat MATERI PEMBELAJARANAdapun Sub Pokok bahasan pada materi pembelajaran ke 9 Berkomunikasi Melalui Telepon - Membuat Panggilan Keluar adalah sebagai berikut :Identify Outgoing Call Enterprise Procedure for outgoing call Making out Going Call Communication on Telephone Guideline Being Polite and Courteous on The Phone Selling Technique Procedure Carry out Emergency Procedure

10. ROOM RESERVATION
Selamat bertemu kembali pada mata kuliah Operasional Kantor Depan I Dengan Pokok Bahasan ke -10 yaitu Room Reservation. Pada pokok bahasan ini kita akan membahas beberapa materi seperti tugas dan tanggung jawab bagian reservasi, macam – macam perusahan yang menggunakan reservasi, sumber – sumber dan bisnis reservasi, pentingnya reservasi kamar di hotel dan macam laporan - laporan kerja reservasi. Materi ini menjadi bekal bagi anda dalam memeahami tentang reservasi hotel. Untuk membantu anda belajar, anda anda mengunduh materi dalam bentuk slide presentasi dan bentuk pdf. Selain itu disediakan juga link eksternal terkait materi reservasi. Selamat Belajar.CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa mampu memahami tugas dan tanggung jawab bagian Reservasi Hotel Mahasiswa mampu memahami macam-macam tipe aplikasi Reservasi Mahasiswa mampu memahami sumber-sumber Reservasi Mahasiswa mampu memahami pentingnya Reservasi Kamar Mahasiswa mampu memahami bagaimana Reservasi di terima Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai laporan Reservasi dan Masalah ReservasiMATERI PEMBELAJARANAdapun sub pokok bahasan pada materi pembelajaran ke-10 ini adalah :Role & Responsible of Reservation Type of Reservation Applied Source and Business of Reservation Important of Reservation System How Reservation are Received Reservation Report and Problem

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet