Mata kuliah Operasional Kantor Depan I (DHH1A3) adalah mata kuliah inti kejuruan yang diberikan pada semester 1 kurikulum 2016. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi D3 Perhotelan Telkom University. Mata Kuliah ini terdiri 14 pokok bahasan dengan bobot sebesar 3 SKS yang terdiri dari 2 SKS teori dan 1 SKS praktikum.
Mata kuliah Operasional Kantor Depan I mengajarkan tentang Pengetahuan Dasar Usaha Akomodasi (knowledge of lodging Industry), dan pengenalan Operasional kerja pada kantor depan hotel. Pada kegiatan praktikum mahasiswa akan belajar tentang Berkomunikasi Melalui Telepon (communicating on the telephone) dan Reservasi Kamar Kantor Depan (Room Reservation). Materi kuliah diberikan dengan tujuan mahasiswa memahami hal-hal yang berkenaan dengan usaha akomodasi khususnya operasional kantor depan hotel, melalui keterampilan berkomunikasi melalui telepon dan menangani proses pemesanan kamar.
Dengan Dosen Pengampu mata kuliah :
II. Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Mata kuliah Operasional Kantor Depan I memberikan pengetahuan dasar mengenai industri akomodasi dan operasional kerja kantor depan hotel. Selain itu mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan ketrampilan di bidang kantor depan hotel khususnya dalam berkomunikasi melalui telepon dan melakukan pemesanan kamar hotel baik dari segi pengetahuan dan praktis.
Mata kuliah Operasional kantor depan telah ada sejak awal program studi D3 perhotelan berdiri pada tahun 2014 di Telkom University. Pada awalnya mata kuliah memiliki bobot 2 SKS, kemudian dengan pertimbangan bobot praktikum maka menjadi 4 SKS. Pada penyusunan kurikulum 2016 mata kuliah ini berubah menjadi 3 SKS dengan bobot yang sama dengan mata kuliah inti kejuruan lainnya.
III. Relavansi (Urgensi ) Mata Kuliah
Urgensi mata kuliah Operasional Kantor Depan I merupakan mata kuliah inti kejuruan Program Studi D3 Perhotelan yang merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki setiap mahasiswa. Mata kuliah Operasional Kantor Depan diberikan secara berjenjang pada semester 1, 2 dan 3.
Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pelayanan kantor depan khususnya pengananan reservasi tamu dan berkomunikasi melalui telepon. Berdasarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi penanganan layanan kantor depan merupakan fundamental untuk dapat bekerja sebagai seorang Resepsionis Hotel.
IV. Kaitan Dengan Mata Kuliah Lainnya
Berikut kaitan mata kuliah Operasional Kantor Depan I dengan mata kuliah lainnya pada kurikulum D3 Perhotelan tahun 2016. Untuk dapat mempelajari mata kuliah Operasional Kantor Depan II, III dan Manajemen Hotel maka dibutuhkan prasyarat telah lulus mata kuliah Operasional Kantor Depan I.
V. Peta Capaian Pembelajaran (CP)
VI. Peta Materi (Kajian) Atau Pokok Bahasan
Secara Garis Besar Topik yang dipelajari pada Mata kuliah Operasional Kantor Depan I dapat terbagi sebagai berikut :
Dari 6 topik besar diatas maka dapat diuraikan menjadi pokok bahasan dalam 14 Minggu pertemuan Yaitu :
VII. Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning
VIII. Best Practice
IX. Sertifikasi
Sertifikasi yang memiliki korelasi dengan mata kuliah Operasional Kantor Depan I yaitu Uji Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bidang Kantor Depan Hotel
X. Referensi Mata Kuliah