Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Industri Kreatif (FIK)
Desain Sejuta Kenyamanan: Menerapkan Antropometri, Human Centered Design, dan Prinsip Kesehatan & Keselamatan dalam Perancangan Fasilitas Duduk
Last Update:

June 13, 2024

Review:
0(0)

About Course

Identitas Mata Kuliah

Mata kuliah faktor manusia dan ergonomi merupakan mata kuliah wajib yang diambil pada semester 3 dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini tidak menjadi mata kuliah bersyarat dimana mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar untuk mendukung pembelajaran pada tingkat berikutnya seperti mata kuliah Merancang Interior I dan Desain Sarana Duduk.

Materi pada mata kuliah ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar pertimbangan dalam merancang desain ruang yang memberi kenyamanan dan keamanan terhadap manusia.

Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah ini mempelajari fakta mengenai interaksi lingkungan dan budaya pengguna, jenis kelamin, tahap siklus hidup dan karakter fisik manusia dalam sebuah lingkungan interior. Terdapat 3 hal utama yang menjadi bahan kajian dalam mata kuliah ini yaitu, antropometrik, ergonomi dan proxemic. Pembahasan antropometrik merupakan studi mengenai karakteristik tubuh manusia, sedangkan ergonomi merupakan aplikasi data antropometrik tersebut kedalam proses bekerja. Untuk studi mengenai proxemic akan membahas faktor budaya ataupun psikologis manusia yang terkait proxemic manusia dalam bekerja.

Peta Capaian Pembelajaran

 

1. CLO 01 : Mahasiswa menjabarkan berbagai macam factor manusia, seperti; antropometrik, ergonomik, dan prozemik, yang mempengaruhi desain dalam keilmuan desain interior

2. CLO 02 : Mahasiswa mampu memberikan solusi terhadap permasalahan desain yang berkaitan dengan factor manusia dengan ruang

3. CLO 03 : Mahasiswa dapat menerapkan dan bekerja sama dengan ilmu lintas dispilin dalam proses perancangan

Pokok Bahasan

1. Definisi Fakto Manusia dan Ergonomi serta kaitannya dengan lingkup Desain Interior

2. Hubungan ergonomi dengan sikap dan posisi kerja, human centered design, antropometri dan dimensi kerja, serta efisiensi ekonomi gerakan dan pengaturan fasilitas kerja.

3. Penjelasan mengenai antropometri ( definisi, esensi faktor, tujuan antropometri, faktor data antropometri, aplikasi dan data antropometri).

4. Penjelasan mengenai Biomekanika dan kinesiologi (terkait kekuatan, ketahanan, dan ketelitian manusia)

5. Analisa kegiatan manusia dalam privat space (mengacu pada human centered design). Studi kasus : apartement

6. Perancangan fasilitas duduk dengan acuan antropometri dan human centered design.

7. Perbedaan microergonomi dan macroergonomi

8. Health, Safety, Welfare

9. Materi mengenai kitchen set yang mengacu pada human centered design, K3, Health, Safety, Welfare

10. Materi mengenai ergonomi ruang publik terhadap manusia (Ekstern dan Intern)

Kaitan Mata Kuliah Dengan Mata Kuliah lainnya

Posisi mata kuliah terhadap mata kuliah lainnya

Referensi

Stanton.N. et al. 2004. Handbook Of Human Factors and Ergonomics methods

Bridger.R. 2003. Introduction To Ergonomic. Routledge

Arimbawa.I (2010). Ergonomi Sebagai Konsideran Esensial Dalam Proses Desain. MUDRA. Vol.25 No.1

Asih. E.2011.Usulan Perancangan Fasilitas Kerja yang Ergonomis Guna Meningkatkan Kinerja Pekerja kecil Industri Mozaik.Proceeding 11th National Conference of Indonesian Ergonomics Society

Setyawan. F. 2011. Penerapan Ergonomi Dalam Konsep Kesehatan. Saintika Medika. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Keluarga.

Yodi. A. Peran Ergonomi Dalam Keselamatan Kerja. Universitas Telkom.

Wardani.L. 2003. Evaluasi Ergonomi Dalam Perancangan Desain. Dimensi Interior. Vol.1. No.1 Universitas Kristen Petra.

Course Content

MINGGU KE-9: Perancangan fasilitas duduk dengan acuan antropometri dan human centered design.
Capaian Pembelajaran 1. Mahasiswa mampu menjelaskan kriteria ergonomic fasilitas duduk berdasarkan aktifitas dan antropometri 2. Mahasiswa Mampu menjelaskan perilaku dan antropometri fasilitas duduk 3. Mahasiswa mampu menggambarkan atau mendeskripsikan permasalahan yang ada pada sebuah fasilitas duduk. 4. Mahasiswa mampu menggambarkan atau mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan pada sebuah fasilitas duduk. Materi Ajar 1. Fungsi ergonomi pada fasilitas duduk 2. Prinsip perancangan kursi 3. Perancangan kursi pada public space 4. Ergonomi tata ruang kantor 5. Prinsip tata ruang kantor 6. Ergonomi kursi kerja 7. Prinsip perancangan kursi kerja

MINGGU KE-10: Perbedaan microergonomi dan macroergonomi
Capaian Pembelajaran: 1. Mahasiswa mampu memahami pengertian microergonomi dan macroergonomi serta perbedaan dari keduanya. 2. Mahasiswa mampu menganalisa sistem kerja manusia melalui analisa MEAD Materi Ajar : 1. Pengertian microergonomi 2. Pengertian macroergonomi 3. Kajian macroergonomi 4. Mead 5. Contoh aplikasi mead dalam sistem kerja 6. Contoh aplikasi mead untuk evaluasi ruang interior 7. Ergonomi kognitif

MINGGU KE-11: Health, Safety, Welfare
Capaian Pembelajaran 1. Mahasiswa mampu menjelaskan health, safety, welfare. 2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan tujuh ancaman yang dapat mengganggu kenyamanan, keamanan, kesehatan, dan efisiensi kerja manusia Materi Ajar 1. Ancaman mekanik 2. Ancaman termal 3. Ancaman kelistrikan 4. Ancaman kimiawi 5. Ancaman organik 6. Ancaman psikologi 7. Ancaman emosi

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English