Selamat Datang di MK Desain & Bisnis
Mata Kuliah Desain dan Bisnis (DMI1E3) di Program Studi S2 Desain Fakultas Industri Kreatif masuk pada semester 1 Kurikulum 2020 dan merupakan salah satu mata kuliah wajib diantara mata kuliah wajib lainnya, mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan memberikan pemahaman mengenai keterkaitan desain dalam praktik bisnis. Dimulai dengan ruang lingkup desain dan penciptaan nilai, integrasi desain pada proses bisnis, hingga penerapan desain di era digital. Diharapkan mahasiswa mampu memahami secara menyeluruh potensi desain dalam lingkup bisnis.
Desain dan Bisnis merupakan salah satu mata kuliah di Program Studi S2 Desain. Mata kuliah ini mengajarkan mempelajari keterkaitan desain dalam bisnis dan sebaliknya, irisannya antara desain dan bisnis dipelajari apa saja yang menjadi irisan di antara kedua bidang tersebut.
Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Mata kuliah Desain & Bisnis ini memberikan pengetahuan tentang teori dan dasar ruang lingkup integrasi desain pada proses desain. Mata kuliah ini juga memberikan mahasiswa kemampuan dalam memberikan solusi atas permasalahan melalui pendekatan desain secara interdisipliner maupun multidisipliner, pengambilan keputusan strategis dalam persoalan desain serta kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan keilmuan, perubahan industri dan permasalahan masyarakat.
Mata kuliah Desain dan Bisnis di program studi merupakan mata kuliah dengan bobot 3 sks, dan merupakan mata kuliah yang telah dirancang sejak awal pendirian program studi Magister Desain ini.
Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Urgensi mata kuliah Desain dan Bisnis adalah mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti dari program studi Magister Desain, dimana mata kuliah ini merupakan fundamental atau dasar untuk dapat memahami integrasi antara bidang desain dan bisnis. Desain dan Bisnis bersama-sama dengan mata kuliah lainnya merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleg seluruh mahasiswa dari program studi ini.
Berdasarkan KKNI Level 8 yaitu mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang kelimuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner, maka mata kuliah Desain dan Bisnis merupakan salah satu cara pemahaman dalam bidang desain dan bisnis.
Kaitan dengan Mata Kuliah lainnya
Desain memegang peranan penting dalam sebuah bisnis perusahaan. Bahkan desain dapat turut menciptakan peningkatan dalam penjualan dan menuntut pelanggan untuk membeli produk atau jasa dari perusahaan Anda.
Hal ini dapat terjadi, karena desain yang Anda tampilkan secara public kepada masyarakat dapat menampilkan citra dan brand image yang ingin perusahaan tampilkan. Oleh karena itu, Desain merupakan strategi marketing yang sangat efektif. Bahkan seringkali alasan kebanyakan orang membeli produk karena media dan design grafis pada produk yang memukau, sehingga pengetahuan bisnis dalam desain sangat penting. Mata kuliah ini juga terkait dengan mata kuliah lainya seperti desain & strategi, desain & branding, keterkaitan antara mata kuliah ini akan membantu anda memahami desain dan bisnis secara keseluruhan.
1. Best, Kathryn (2006), Design Management: Managing Design Strategy, Process, and Implementation. Ava Book, Switzerland
2. Best , Kathryn (2010), The Fundamental of Design Management. Ava Book, Switzerland
3. De Mozota, Brigitte Borza (2003), Using Design to Build Brand Value and Corporated Innovation. Allworth Press. New York
4. Hands, David (2009), Vision and Values in Design Management. AVA Publishing, Singapore